Gombalan

Hak Pedestrian Yang Terjajah

Mobil itu diparkirkan oleh pengemudinya di atas trotoar, entah apa alasan pastinya, mungkin parkiran sudah sesak. Yang pasti, si pengemudi tak hirau kenyamanan pedestrian alias pejalan kaki. Selemparan batu dari tempat mobil itu terparkir ada pos polisi lalu lintas. Lalu, kenapa pak polisi tak mengingatkan si pengemudi? Oh, mungkin itu bukan bagian dari tugas mereka, […]

Tisu Peturasan di Kedai Makan

Cuma soal persepsi Tisu peturasan ada di atas meja kedai dan warung makan itu sudah menjadi hal biasa, menggunakannya untuk menyeka mulut adalah pemandangan yang umum. Kita pasti sudah tahu bahwa itu adalah tisu peturasan, tapi kenapa kita tidak merasa jengah melihatnya di atas meja kudap bahkan menggunakannya untuk menyeka mulut? Masalahnya ada pada persepsi. […]

Blogger di Tengah Era Citizen Journalism

Anda bisa menjadi ‘jurnalis’ Saat terjadi tsunami di Aceh beberapa tahun lalu, kita bisa melihat detik-detik awal terjadinya bencana tersebut melalui televisi. Dan stok-stok gambar bergerak tersebut kebanyakan bukanlah hasil kerja wartawan, melainkan dari masyarakat biasa yang kebetulan membawa kamera video dan merekam kejadian itu. Memang gambar video tersebut berkualitas rendah –banyak goyang, blur, dan […]

Blog Dolan Ke Solo di PC Mild

Blog kayak gitu kok di-review Sekitar setahun yang lalu saya bikin dua blog di Blogger.com, yakni blog Putradaerah –yang kacangan ini – dan blog Dolan ke Solo. Blog yang terakhir itu entah saya dapat inspirasi dari mana untuk membuatnya, awal dibuat isinya cuman standar saja, tidak ada yang istimewa. Baru beberapa bulan ini, blog tersebut […]

Tips Untuk Menjadi Seleb Blog

Kesimpulan dari analisis sok tau “Apa sih syarat bagi seorang blogger agar bisa disebut seleb blog?” Syaratnya cuman satu, jumlah komentar yang buuanyak. Meskipun nama seorang blogger sudah sering disebut-sebut, tapi kalo komentar yang datang di blognya sedikit, sepertinya kok ada yang kurang. Jumlah komentar dan ketenaran itu bisa dianggap berbanding lurus. “Yang dimaksud banyak […]

Sastro Ngeblog

Rupanya gerakan blog di Indonesia sudah mulai menyebar ke kalangan seleb. Bukan seleb blog, tapi memang seleb beneran yang bikin blog, dari situ bisa cepet jadi seleb blog juga, haha. Salah satunya adalah mbak Sastro, alias Dian Sastrowardoyo. Gimana blognya? Silakan maen sendiri ke sana, jangan lupa ketok pintu dulu, dan ucapkan Assalamu’alaikum. Bebas, siapa […]

Sarimi dan Wiranto

Bagaimana menyikapi ajakan Wiranto? Saat saya menyebut “sarimi” mungkin anda langsung teringat pada salah satu produk mi instan, tapi bukan itu yang saya maksud. Sarimi (33) adalah seseorang, dia dan keluarganya hanya bisa makan nasi aking, karena harga beras dirasa terlalu mahal, sedangkan Saroni (35) suaminya tak lagi bekerja. Mereka adalah potret keluarga miskin Indonesia. […]