2 Komentar

Satu Kisah Tentang Persahabatan Dalam ASEAN Para Games

Ketika melakukan kegiatan peliputan ASEAN Para Games (APG) 2011, di venue cabang olah raga tenis meja, saya agak kaget saat secara tiba-tiba seorang berkursi roda merangkul saya dari belakang dan menyanyikan sebuah lagu dalam bahasa Vietnam. Tunggu, sepertinya saya mengenali irama lagu itu. Ya, ternyata dia menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka” karya Ismail Marzuki dalam bahasa Vietnam. Wow, itu sangat mengejutkan. Awalnya saya mengira dia lama tinggal di Indonesia, ternyata tidak demikian.

Namanya Vu Dang Chi, atlet disabilitas tenis meja asal Vietnam. Komunikasi di antara kami kurang lancar, karena pendengarannya yang sudah kurang baik. Saat saya tanya dalam bahasa Inggris, bagaimana dia mengetahui lagu itu, dia diam saja, hanya buru-buru memanggil satu orang yang saat itu lewat. Ternyata dia memanggil Bedjo Kustino, pelatih tenis meja Indonesia.

Vu Dang Chi (kiri) dan Bedjo Kustino

Vu Dang Chi (kiri) dan Bedjo Kustino saat bertemu di Diamond Solo Convention Center, venue tenis meja ASEAN Para Games 2011

“Oh, ini sahabat saya. Kami kenal sejak APG ke-2 di Vietnam, setelah itu kami selalu bertemu di APG,” ungkap Bedjo sambil terkekeh. Rupanya, Bedjo lah yang mengajari Vu Dang Chi lagu nasional Indonesia tersebut.

Persahabatan antara pemain dan pelatih dari dua negara ini ternyata sudah terjalin lumayan lama, sejak tahun 2003. APG bagi mereka bukan event olahraga saja, namun sekaligus ajang reuni dua tahunan. Olah raga telah membuat mereka saling kenal dan akrab, sekaligus mengenalkan kebudayaan negara masing-masing.

Selain kisah Vu Dang Chi dan Bedjo Kustino, saya yakin masih banyak kisah-kisah persahabatan lain yang terjalin dalam gelaran APG.

2 comments on “Satu Kisah Tentang Persahabatan Dalam ASEAN Para Games

  1. pasti luar biasa acara paragames kemarin.. sedih banget tidak bisa mengikuti atau sekedar memotret di sana..

  2. persahabatan yg tulus yg belum tentu terjalin di SeaGames biasa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: