2 Komentar

Mengenal Evaresto, Atlet Disabilitas Timor Leste

Evaristo - Timor Leste

Ketika saya menghampiri pria berkursi roda ini, dengan ramah dia langsung menyodorkan tangannya, “Nama saya Evar,” ujarnya saat kami berjabat tangan berkenalan. Dari bendera yang ada di dadanya, saya tahu dia berasal dari Timor Leste, maka sebelum perbincangan kami berlanjut saya terlebih dahulu bertanya kepadanya apakah masih lancar berbahasa Indonesia, ternyata dia masih bisa.

Saat itu, pemilik nama lengkap Evaresto Daconceisao ini sedang menunggu panggilan untuk menjalani klasifikasi fisik ASEAN Para Games (APG) 2011 di Stadion Manahan, Solo. Klasifikasi tersebut bertujuan untuk menentukan nomor-nomor pertandingan yang akan diikuti dari setiap cabang olah raga berdasarkan tingkat disabilitas atlet.

Evar datang ke Solo sebagai atlet olah raga voli duduk, namun dalam kesehariannya ternyata dia juga berprofesi sebagai jurnalis radio di Radio Klibur, Timor Leste. “Bisa dibilang saya adalah penyandang cacat pertama dan satu-satunya di Timor Leste yang menjadi jurnalis,” ujar Evar sambil tersenyum. Dia bisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk tetap berkarya.

Pada APG 2011 kali ini Timor Leste membawa 40 atlet, negara ini memang baru pertama kali mengikuti pertandingan di cabang olah raga voli duduk, namum Evar dan atlet lainnya tetap berjuang mendapatkan medali bagi Timor Leste.

2 comments on “Mengenal Evaresto, Atlet Disabilitas Timor Leste

  1. mlm……kak putra daerah aku mau ketemu sama kak kpang lagi baru kita ketemu di Asean Para Games di koreia ……….Atau di londong kalo ada waktu beluan dari adik Evar (Evaresto Daconceicao)
    jornalis…..Radio Klibur,Timor Leste.

  2. kak Dony aku negapain sama kak dony kapang ga kirim info sama aku di Timor_leste kak Dony Alfan

Tinggalkan Balasan

