8 Komentar

Keandalan AXIOO NEON HNM Untuk Mengolah Foto

Sejak teknologi kamera digital ditemukan, lalu menawarkan banyak kemudahan, dan makin murah, kamera film pun lambat laun mulai tergeser. Kamera digital dan film, keduanya menggunakan media penyimpanan yang berbeda. Kamera film menyimpan gambar dalam bentuk fisik dalam wujud film, sedangkan kamera digital menyimpan gambar dalam bentuk file digital yang tersimpan dalam media storage. Hal ini tentu mempengaruhi proses post production, proses fotografi digital tidak hanya berhenti di kamera, lalu apa lagi yang dibutuhkan? Yup, kita membutuhkan komputer untuk menyimpan sekaligus mengolah file foto digital tadi.

Pada saat era film, proses post production dilakukan di kamar gelap atau lab cetak. Namun saat itu, jarang sekali fotografer yang memiliki kemampuan untuk mengolah sendiri hasil jepretannya, kebanyakan diserahkan kepada operator mesin lab. Sekarang, pengolahan foto itu dilakukan di dalam komputer, bisa dibilang masing-masing fotografer memiliki ‘kamar gelap digital’, dan bisa menerjemahkan sendiri apa yang akan dilakukannya terhadap foto tersebut.

Axioo NEON HNM Indonesia

Maka dalam dunia fotografi digital, selain kamera, sebuah komputer juga memiliki peranan yang sangat penting. Keandalan komputer juga akan mempengaruhi hasil foto digital. Dengan alasan kebutuhan hardware yang mumpuni, banyak orang yang memilih membangun sendiri sebuah PC. Namun, seiring dengan meningkatnya mobilitas manusia modern, maka tiada pilihan lain kecuali harus beralih ke laptop/notebook. Tak perlu khawatir dengan kinerjanya, karena notebook jaman sekarang sudah bisa disejajarkan kemampuannya dengan PC, bahkan bisa mengungguli!

Bagi seorang fotografer, khususnya fotografer komersil, notebook bisa digunakan untuk mempresentasikan dan melakukan editing hasil foto secara langsung di hadapa klien, coba bayangkan kalau harus menggotong PC, hehe.

Axioo HNM

Kebetulan saya mendapat kesempatan mencoba keandalan notebook AXIOO NEON HNM yang saat ini mencuri perhatian banyak khalayak dengan prosesor Core i7 yang tertenam di dalamnya. Notebook ini baru akan di-launching di Solo pada tanggal 26 Maret besok.

Berdasarkan pengalaman saya selama terjun dalam fotografi digital, setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan dari sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk mengolah file foto, yakni storage atau kapasitas media penyimpanan, kemampuan monitor/LCD untuk menampilkan foto berikut akurasi warnanya, dan kemampuan hardware untuk mengolah file foto.

Maka, saya akan sedikit menilik kemampuan notebook Axioo NEON HNM ini berdasarkan 3 faktor tadi, dari sisi kebutuhan seorang fotografer.

Media Penyimpanan (Storage)

AXIOO NEON HNM dilengkapi harddisk berkapasitas 750 Gb yang siap menyimpan file-file Anda. Untuk menyimpan file foto, harddisk sebesar itu sudah cukup, tapi menurut saya agak tanggung juga, kenapa nggak 1 Terra sekalian? Kan makin mantab tuh, haha. Toh jaman sekarang, prinsip dalam memilih kapasitas media penyimpanan adalah: tidak ada space yang terlalu besar, karena kebutuhan kapasitas harddisk akan semakin meningkat, sesuai dengan besarnya ukuran file.

Meski begitu, Anda masih bisa menambah external harddisk. Jangan risau, karena notebook ini sudah dilengkapi dengan port external SATA atau disingkat eSata, saat ini belum banyak notebook yang mengaplikasikan port ini. Keunggulan port eSATA, yakni kecepatannya bisa sampai 6 kali lebih cepat daripada USB 2.0, waw!

Kemampuan LCD untuk menampilkan foto berikut akurasi warnanya

Dalam bidang fotografi, khususnya fotografi komersil, seperti wedding, fashion, still life, dll, akurasi warna adalah hal yang sangat penting. Oke, mari kita tengok kemampuan Axioo NEON HNM dalam menyajikan foto dan akurasi warnanya. Dengan LCD 14.0″ resolusi 1366×768 dan menggunakan teknologi LED, memang sudah mampu memanjakan mata, foto yang saya buka terlihat cliiing beningnya. Untuk keperluan preview gambar/foto, touchpad dari notebook ini dilengkapi dengan fitur HexaPad Multi-Gesture yang berguna untuk memperbesar/memperkecil (zoom in/out) dan memutar (rotasi) gambar. Sedangkan untuk akurasi warnanya, saya musti jujur, belum ada notebook yang bisa mengalahkan akurasi warna dari satu merek berlogo buah itu, uups, hehe.

Kemampuan hardware dalam mengolah foto

Ini adalah bagian utama dari rangkaian “tes” yang saya lakukan pada Axioo NEON HNM. Dengan prosesor i7 dan memori DDR3 sebesar 4 Gb, di atas kertas tentu sudah sangat mumpuni untuk mengolah foto. Tapi mari kita coba buktikan dulu, dengan hardware sedahsyat itu rasanya terlalu enteng kalau saya hanya menggunakannya untuk mengedit file JPG resolusi tinggi dengan besar file 5-10Mb. Maka saya memutuskan “memacu” laptop ini untuk mengolah file foto format TIFF berukuran 30Mb. “Cuma satu file saja?” Enggak, saya membuka 40 file TIFF secara bersamaan di Photoshop, haha! Kalikan saja 40x30Mb, ini hanya untuk keperluan “tes” saja, sebelumnya saya tidak pernah membuka file foto sebesar dan sebanyak itu secara bersamaan di PC saya, hehe. Axioo NEON HNM membutuhkan waktu sekitar 43 detik saja untuk membuka 40 file tersebut di Photoshop, sungguh bukan pekerjaan ringan bagi PC/laptop dengan spek pas-pasan.

tes Axioo HNM

Selanjutnya saya mencoba mengedit beberapa foto, sedangkan file lainnya tetap dibuka di Photoshop. Editing multilayer dan “kelas berat” di Photoshop bisa ditangani Axioo NEON HNM dengan baik, proses rendering-nya cepat, wuzz wuzz wuzz! Editing tetap jalan, lalu saya mencoba notebook ini untuk multitasking, antara lain memutar video berkualitas HD, dan browsing halaman internet. Gile, ini laptop nggak ngeden, anteng-anteng aja tuh.

tes kinerja Axioo HNM

Anda boleh bilang saya cuma ngecap saja, namun tidak bisa saya ingkari bahwa kemampuan Axioo NEON HNM untuk mengolah foto sudah melebihi harapan saya. Ajib be’eng deh!😆

Foto-foto jepretan saya berikut akan menjelaskan lebih banyak tentang Axioo NEON HNM:

Axioo NEON HNM

Axioo NEON HNM tombol SoCoNet

Fasilitas Axioo NEON HNM

Axioo NEON HNM dengan Intel Core i7

8 comments on “Keandalan AXIOO NEON HNM Untuk Mengolah Foto

  1. photo2ne top tenan, sayang ra ono model SPGne….

  2. ho’oh.. poto2ne mantab🙂

  3. Punyaku mah masih PC Dual Core Kang, tapi mantab untuk diajak lembur, so pasti! Ayo suweh-suwehan nglembur ta ambek lektop pean?😀

  4. Potonya joss. Poto sendiri?
    Forsa jg produk lokal…🙂

  5. Wah, cara uji produk yg asyik ya gini.
    Makasih sharing-nya master
    *sungkem*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: