72 Komentar

Ngobrol Soal Blog di Radio

Radio NowhereSebelum berangkat untuk menghadiri rapat blogger-blogger Solo hari Jumat (12/12) kemarin, saya mendapat telpon dari seorang penyiar radio Prambors Solo. Dia mengundang saya untuk ngobrol soal blog di salah satu acaranya. Tidak terlalu percaya diri juga untuk ngomong di radio, maklum saya lebih terbiasa menanyai, daripada ditanyai. Lagipula saya sendiri masih blogger kelas ecek-ecek. Saya sudah mengajak beberapa blogger yang lebih jago soal utak-atik blog, dan lebih paham bahasa html daripada bahasa Indonesia, tapi ternyata mereka sedang ada kesibukan masing-masing.

Akhirnya saya berangkat sendirian. Kesempatan ini terlalu sayang untuk dilewatkan, siapa tahu saya bisa mengenalkan kebiasaan ngeblog kepada orang-orang Solo dan sekitarnya, terutama anak mudanya. Sekalian ‘mengumumkan’ hasil rembugan soal komunitas blogger Solo yang diadakan di wedangan Monumen Pers pada malam harinya. Yah, promosi gratis😀

Saat siaran dimulai, saya agak kagok juga musti pakai bahasa macam apa. Mayoritas pendengarnya adalah ABG kelahiran tahun ’90an. Penyiar yang sudah saya kenal itu juga lebih sering memakai bahasa Jakartanan, ‘lo-gue’ dan lain sebagainya. Sementara saya sendiri ‘ilat Jowo’, kalau sok nJakartah tentu wagu jadinya. Ya sudah, mending memakai kata ‘saya’ daripada ‘gue’. Terdengar tidak matching dengan penyiarnya, tapi mau gimana lagi, hehe.

Pertama, saya sedikit mengenalkan tentang apa itu blog, “Blog berasal dari kata web dan log, ….” Bla bla bla. Dan mengenalkan beberapa layanan blog gratis yang sudah terkenal, seperti Blogger.com, WordPress.com, Dagdigdug.com, Blogdetik.com, dll.

Kebanyakan SMS dari pendengar menanyakan cara membuat blog dan mempercantik tampilan blog. Ada satu pendengar yang bertanya bagaimana caranya mengganti background blog dengan foto dirinya. Sebenarnya saya kurang paham, dan menjelaskannya lewat radio tentu susah, jawaban dari saya setengah berkilah, “Googling aja, atau cari buku-buku tutorial ngeblog.”😛

Daripada obrolan di radio itu melulu soal menata tampilan blog, akhirnya saya lebih tertarik untuk membahas soal content blog, mendapatkan ide untuk bahan posting, dan etika ngeblog. Menurut saya tampilan blog itu nomor dua, yang utama adalah isinya.

Kesempatan ini sekalian saya gunakan untuk ‘woro-woro’ kepada pendengar radio, bahwa Solo akan memiliki komunitas blogger, namanya telah disepakati bersama, yakni Bengawan. Beberapa pendengar sepertinya tertarik untuk bergabung. Maka dari itu, saya cuma bisa nyurung-nyurung ‘tim inti’ urusan IT yang diketuai oleh Kurnia, untuk menyelesaikan web komunitas blogger Bengawan. Kabarnya Dagdigdug.com juga akan memberi dukungan. Semoga bisa segera ‘diresmikan’, masih tidak jelas antara sebelum, sesudah, atau pas tahun baru.

Ayo, pemuda pemudi Solo dan sekitarnya, ngeblog lah, dan bergabung dalam komunitas blogger Bengawan:mrgreen:

Ilustrasi: Audiodescription.com.au

72 comments on “Ngobrol Soal Blog di Radio

  1. tinggal nunggu akses ke cpanel, dan selanjutnya kita tunggu tim teknis untuk oprek-oprek, hehehe
    *sudah absen ke milist baru??? bengawan@googlegroups.com???

    *****
    cpanel ki opo? Aku ngerti dadi wes😀

  2. Weits…. pertamax to tadi..
    Turun harga no!!! premium juga turun harga…

  3. premium. ga dapat pertamax. doni nggiaya le saiki wonge, mlebu radio. sedeng to?

    *****
    Nyangkem le

  4. akhirnya nama yg km usulkan diterima juga. Cen kalo dengar kata bengawan identik karo solo. Sep sep

    *****
    Teman-temen di Solo kebetulan punya pemikiran yang sama kok

  5. Dukung PEMUDI Solo ngeblog!

    *****
    Hayah, pemudi yang mana nih?🙂

  6. hwebad melbu radio
    sesuk trus melbu tipi
    mari ngunu melbu kulkas
    trakir2 melbu mesin cuci

    *****
    Terserah, asal ora mlebu WC😀

  7. Hehehe…hebat…masuk radio….

    Hehehehe…aku yakin blogger yang canggih pun akan kebingungan juga jika harus menjelaskan teknis cara mempercantik blog.

    Kalau ketemu langsung sih mungkin bisa ngajarin, tetapi ini lewat radio yang bisa dinikmati suaranya doank.😀

    jawaban yang bagus. hehehehe…ayo tanya mbah google.

    Yang penting misi utama sudah terwakili:
    1. Mengenalkan blog
    2. Mengenalkan komunitas blogger solo.

    *****
    Kapan2 aku minta tolong sampeyan soal WP

  8. ra wong solo mas…clingak clinguk wae..

  9. Tampilan (blog) memang bukan yang utama, tapi juga bukan nomor 2, 3, 4, 10, 27, 31. Setidaknya nomor 2 setelah isi. Soalnya, banyak juga tampilan blog yang ga nyaman di mata dan jadinya males baca isi posting-annya. Kalo udah males bacanya, males juga mengapresiasinya ato berkomentar. Trims… Salam kenal yah…!!!

    *****
    Makanya, pilih tampilan yang sederhana saja, seperti blog ini, hehe

  10. Gimana kalo transcript-nya wawancaranya di upload juga di sini …🙂
    Happy blogging deh buat komunitas blogger Solo.
    Salam.

    *****
    Gak ada, bang. Lagian gak perlu lah di-upload, hehe

  11. @Toni
    Nah itu. Apakah ada yang punya rekamannya? Sayang aku gak punya radio. HPku juga tidak mendukung FM Radio.

  12. wa…suksess…. apakah saia diundang untuk menjadi putra bengawan..?

    *ngarep mode on*

  13. ha ha. aku jadi penyimakmu yang setia lho don pas kuwi. sip lah. siaranmu apik. pasti akan lebih banyak blogger setelah ini!

  14. Cieeehhhhh…masnya seleb blog to? sampe di panggil ke radio…salam kenal mas saya blogger anyaran…tukeran link yuk…hehehehe
    Kowe ra sido nyebut blogku to?? kamfreet kih…ra sido tak tukokke jarum sak wadah…

  15. Sayang gg ikut wedangan . Tapi gag pa2,yang penting ikut bengawan ! Hehe😀

  16. di Surabaya ada gak ya..???
    gak pernah ngedengerin radio nih…

  17. pertama kali ngeblog, orang lebih seneng mainin desainnya, nanti kalo udah lama baru ngurus content😀

  18. good bgt mas. secarane bengawan blogers kian banyak yang tahu. bagusnya lagi, kalau jalinan dengan radio itu dieratkan, bisa jadi corong untuk woro2 kegiatan bengawan nantinya. (salam kenal untuk semuanya)

  19. ada yang minta fotonya dijadikan bekgron? suruh main FS aja :))

    namanya keren. blogger bengawan. sukses buat komunitasnya ya😀

  20. kon mlebu blogku
    BUBAR kabeh lakan

  21. wah, aku gak isa ndengerin, jadi gela neh..

  22. wah, selamat ya pak,
    semoga exist selalu komunitasnya
    menjalin persatuan dan kesatuan

  23. Diny jelas bingung dan glagepan, wong biasane ngrungokke wayangan RRI kok kon ngomyang ‘lo-gue’ nang Prambors.. btw, mangan2!!!!

  24. nyoba pake gravatar mas….

  25. selamet mas dah masuk radio
    masuk tvnya kapan….

  26. wuuiihhhh…. ayo ngeblog neng radio

  27. di tunggu peresmian bloger solo ya mas. . ..

  28. radio?? masih ada yang suka dengerin radio ta? eh usulan oslo blogger ga masuk nominasi don?

  29. Wah, jadi nara sumber di Radio.. Pastinya syik dong.
    Meskipun agak susah menjelaskannya…
    Apalagi, yg nanya seperti saya..
    Taunya dikit, ngak tahunya banyak…
    Nah jadi pertanyaannya pasti macem2…

    Kwakakakakaka

    Lam kenal

  30. seiring waktu berlalu begitu cepat
    aku datang keblogmu dengan membawa Software can’t copy CD🙂
    salam kenal

  31. Wahh hebat, menyebarkan virus ngeblog lewat radio….

  32. we lha kok hiebat men ki mas dony
    tak tepuk tangani ping satus yoh..
    copas mbak bong,
    bar iki mlebu ndi? mesin cuci opo kulkas?
    hwakakakka

  33. turut seneng juga, blogger bengawan udah di-koar-koar via radio, ada yang punya filenya ga? ndek wingi aq lali ga ngrungokne radio kie… ojo lali ngko bengi ngumpul di kontrakan mas blontank

  34. “Googling aja, atau cari buku-buku tutorial ngeblog.”
    jawabane pinter temen…😀
    nek dijawab,”cari aja di perpustakaan,” sampean iso langsung dipisuhi…hahahaha

  35. waaahhh. . . .
    blogger solo andalan tenan cah.
    Tob markotob.
    Btw masang link di radio., trus bs interaksi langsung gt., kode htmlna gmn yak.?
    *alt+f4.,shutdown pc. Cm mo ndengerin wejangan mbah donny*

  36. Mbayangke Dony + Adia di ruang siar Prambors yg sak uplik itu, opo cukup??? :))

  37. Masalahe komunitas blogger ki uakeh banget je. Ada yg menurut domain, ada yg menurut hobbi, ada yg menurut kerjaan, ada yg nurut kelompok sosial, dll Dan sayangnya, masing2 “setia” dengan komunitas masing-masing…

    Aku yo sarujuk yen komunitas bloger solo nglumpuk dadi siji, dadi gampang yen memobilisasi… wekekeke… ora lho, iki ora nggo menghadapi pemilu, wong aku golput kok :p

  38. wah kok podo yoo….

    beberapa waktu yang lalu, aku juga punya pengalaman serupa. tapi gak sekeren pengalamannya Dony sih…
    ada sahabatku pas kuliah dulu, baru kerja jadi penyiar radio. dan talkshow pagi itu tentang budaya ngeblog di kalangan anak muda jaman sekarang. berhubung dia masih kuper, dan satu-satunya blogger yang dia kenal cuman aku, ya akhirnya aku yang ditodong jadi “sample” blogger.
    mau gak mau, dengan niat nolongin teman, akhirnya aku ngomong pula di radio dengan berbekal “sok tau”. padahal waktu itu blog ku masih terbilang baru.

    habis itu, ketawa sepuasnya deh….
    hahahahahahahahaa……. kok bisa jadi nara sumber, padahal gak kompeten sama sekali.

  39. hebat kang…, teruskan perjuangannmu ……..,btw pas siaran grogi to kang …kok nada suarane ga stabil ^_^

  40. hah? bentar lagi dikau jadi seleb blog nih mas..
    kudu siyap siyap….

    gut lak untuk bengawan..moga makin jaya…

  41. waaah keren udah jadi pembicara di radio..
    semakin melejit neh sepertinya karir ngeblog nya, heheh..
    ( emang ngeblog karir apa bukan seh,qqq)

  42. ke radio saya ya mas, rencana kita juga mau ngundang blogger handal sekaliber mas yang sudah terampil membuat blog, fasih mendapatkan bahan posting, terpelajar dalam tutur kata dan termasuk dalam jajaran atas kasta blogger kota bengawan.

    minta CPnya dong mas, kalau tertarik hubungi saya ya, a.s.a.p

  43. sebentar lagi dipanggil siaran di tipi yah don… hehehe.
    makin seleb aja niiiy. Prambors gitu loooh bukan radio sembarangan!
    iya yah…di solo jg sudah banyak yg ber loe gw … mmmhhh budaya yg sedikit demi sedikit akan pudar.

  44. selamat…. siap2 diserbu fans…

  45. Wow pokok’e keren pol..

    Sudah merambah dunia radio, padahal yang diwawancarai adalah wartawan.. hahahahahaha..

    Wartawan kok diwawancarai… berarti sampean kelasnya dah kelas berad mas don! hehehehe

  46. mantaps gan, bisa jadi penyiar nie😀

  47. @gempur

    aku ki jane yo ngempet komen. kat mben arep ngomong iku juga
    tapi rodo ra penak karo sek nduwe blog iki. Ssssssssssssssssstttt
    jo kondo-kondo karo dony lho mas ;))

    buat pakdhe dhoni, seep lagh…
    lanjutkan perjoeangan. sukses selalu buat blogger bengawan!

  48. asoy eh yg jadi seleb blog masuk radio…:D sudah saatnya kita menyebarkan virus blogging di masyarakat..

  49. Membaca postingan & komen sehebat ini emang perlu energi ektra . . .🙂

  50. Salamkenal jaa… nice blog…🙂

  51. salam kenal dan salam hormat
    pertama terima kasih pada sampeanas kang atashare postingannya
    terus atas pertemannanya
    saya sangat setuju dengan conten dan isi blog saya juga termasuk orang yang tidak terlalu bisa dalam merubah rubah themes atau tampilan bahkan kemarin saya bertanya tentang Page rank itu apa malah pada di ketawain soalnya selama ini saya sekedar menulis saja tanpa pernak pernik macam macam
    salam hormat saya dari gunung kelir

  52. cah solo punya potensi besar, kang.. cuman sayange akeh sing keblinger tekan jancukarta ngadikere..

  53. ga direkam bos ye…pengen denger penjelasannya hehehehe

  54. saya suka jawabannya untuk pertanyaan tentang layout itu..😀 selamat atas komunitas barunya, semoga sukses menge-blog-kan wong solo😀

  55. walah, ternyata mas dony asal solo juga, toh. kita tetanggaan, mas, hiks. bloger solo dah hebat2, banyak yang sudah merambah ke media yang lain, bahkan mas dony diwawancarai lewat radio. wah, selamat juga atas terbentuknya komunitas bloger solo, semoga segera eksis. selamat tahun baru, mas dony.

  56. wah sennengnya masuk radio..kapan nih di undang meneh mas..

  57. memang jawaban paling manjur saat kita kesulitan menjawab sesuatu adalah :
    “silahkan googling aja, banyak kok..”

    sukses terus buat blogger solo!🙂

  58. singkat, padat… googling aja. pasti juga pusing, krn yg di cari ada banyak.

  59. selamat tahun baru, Mas…ditunggu tulisan2nya…

  60. selamat tahun baru mas dony… mohon maaf segala salah selama ini ya…🙂

  61. Halo sobat, salam kenal dari frizzy.
    Happy New Year 2009.
    God bless you, may you have better life, better sex and better achievement.
    Mampir-mampir ya sob…

    Cheers, frizzy2008.

  62. waduh makin maju aja nie blogger solo…selamat deh atas dibukanya komunitas blogger solo mas.
    Waduh jadi bintang tamu radio…buset keren nie…semoga bisa jadi pembicara yang handal, sapa tau masuk tipi😉

  63. Wah… saya kagum, ternyata ngeblog itu hobi serius… Kesadaran sy ttg hal itu belum tajam, walopun saya menyadari bhw saya sudah addicted to blogging, tapi saya pikir itu hanya karena saya-nya yg edun (^^,) Ternyata tidak juga… qiqiqiqiii…. Semakinlah saya merasa semangat untuk ngeblog.

    Thanks sharing-nya!

    Salam hangat, G.

  64. Asik yo.. sayange q neng purwokerto e..

  65. mang wawancara bisa di upload ya???gimana caranya.blog anda hebat ya???kayanya anda udah senior sekali rupanya ya???

  66. @Gunawan Rudy,
    Saya pemudi! Saya pemudi! Saya nge-blog! *jingkrak2 lebay*

    Nih sedang menyebar virus blog ke Bapak biar ikut2an. Sayang kan pembelajaran dan pengalamannya selama puluhan tahun tidak terdokumentasi. Ya to ya to?

  67. numpang dengar obrolan di prambors solo

Tinggalkan Balasan

