90 Komentar

Cerita Tentang Sarasehan Blogger Solo

Cikal bakal komunitas blogger Solo

Inilah acara yang saya tunggu sejak dulu, kumpul bareng untuk membahas soal pembentukan komunitas blogger Solo. Bisa dibilang, ini adalah kopdar pertama para blogger di Kota Solo dan sekitarnya. Dibanding ‘tetangga-tetangganya’ yang sudah memiliki komunitas blogger, Solo memang agak tertinggal. Jogja punya CahAndong, Semarang punya Loenpia, dan Surabaya punya Tugu Pahlawan.

Acara yang diadakan di Hik Speedy, Solo Grand Mall ini masih sebatas sharing, bertukar ilmu dan ide seputar blog dan komunitas blog. Termasuk membahas soal nama komunitas blogger Solo yang akan dibentuk, sebelumnya sudah ada yang memberikan nama ‘Blogos’ alias ‘Blogger Solo’, tapi menurut saya terlalu biasa. Kalo saya sih menyarankan nama ‘Blogger Bengawan’, entah jadi dipakai atau tidak.

Ada sekitar 30 peserta yang hadir – baik yang sudah jadi blogger, maupun baru niat punya blog -, tapi saya yakin blogger asal Solo lebih banyak dari itu. Banyak blogger yang wajahnya masih asing bagi saya, blognya pun belum pernah saya kunjungi. Hanya dua orang blogger yang wajahnya sudah saya kenali sebelumnya, yakni Mas Blontank dan Mas Andy.

Sebagai komunitas blog yang masih belajar merangkak, tentu masih butuh bimbingan dari banyak pihak. Maka, CahAndong dan Dagdigdug pun turut diundang. Mas Happy dari Dagdigdug, lalu ada Anto, Wisnu, dan Herman sebagai perwakilan dari CahAndong, yang direwangi naik spoor Pramex dari Jogja ke Solo. Mereka berbagi ilmu seputar blog dan pengelolaan komunitas blog. Terima kasih, semuanya!

Pihak Telkom Solo juga mendukung terbentuknya komunitas blog ini, mereka berniat mengajak blogger-blogger Solo untuk turut serta dalam event-event yang digelar oleh Telkom/Speedy pada tahun 2009 nanti. Nice!

Saya menunggu follow-up dari sarasehan blogger Solo ini, semoga lahirnya komunitas blogger Solo bisa turut menyemarakkan gerakan ngeblog di Indonesia.

Herman Saksono dan Mas Happy Dagdigdug

Mas Happy (paling kanan), Herman Saksono (tengah)

Mas Blontank Poer dan Mas Andy

Mas Blontank Poer dan Mas Andy

Anto telah menemukan pujaan hatinya di Solo, hahaha...

Anto telah menemukan pujaan hatinya di Solo, hahaha...

90 comments on “Cerita Tentang Sarasehan Blogger Solo

  1. hmm.. blogsol nu namae.. selamat2. vote doni for ketua

    *****
    Ketua? Gundhulmu kuwi!

  2. Salam kenal …

    Hemm, uda di post ternyata…
    Lagi-lagi saya g bisa ikut, pdhl kmrin sempat di mintai mas kurnia buat mbantu tim teknis,,,

    Keren yah acaranya,,,muga makin maju…

  3. yaa ampun mas antoo..

    btw, congratz untuk blogger solo!ganbatte!

  4. hahaha, iya foto yang terakhir… mbak nya ayu😀

  5. wah…bagus deh… biar serukayak tugu pahlawan tuh..keliatannya kompak banget.
    sukses deh buat blogger2 solo.
    aku siy pengennya… Pesta Blogger, gakmelulu diadain dijakarta..tapi didaerah2 lain. toh kan sekarang tiap daerah dah ada komunitasnya…jd bs dong PB nya bergilir..
    setuju gak???

    *****
    Setuju dong! PB 2009 nanti diadaken di Surabaya saja, biar si Anang yang jadi chairman, menggantikan Ndoro Kakung, wekekeke

  6. sepakad! saatnya bloger solo menunjukan giginya mas doni, pokoke sampean kudu berdarah-darah ki buat nunjukin bahwa bloger solo solid beneran ya.. aku yo iyo maksude, opo meneh pak blontank pur…

    >> buat foto yg paling bwh : huahahahahaha… rak opo2 nek nganggo “hahaha” Mas..

    *****
    Eh, wanita berjilbab pink itu ternyata ‘sisihanmu’ to? Wah sori teramat sangat lho🙂

  7. oh iya, rencananya sy jumat ke jumintenan.. sampeyan melu ra mas? nek iyo ayo bareng..

  8. Wah,foto yang paling bawah melanggar hak milik punya orang hlo mas. . . *langsung liad k0men atas* hihihi

    *****
    Semoga dia gak marah, amien…

  9. mantap acarane..
    kalo ada acara di solo lg undang2 ya😀

  10. wooogh anto,.
    hal ini tho yg membuat saya mesti terbang ke solo
    *geleng2*

  11. mas..mas..mas….
    foto yang pertama itu., yang paking kiri namanya Sigma lho…..
    nah., sigma ituh …….nya “wanito ning jogja rak ono sing ayune koyo kowe lho” di foto paling bawah….

    apa ada affair yak….
    *siul siul*

    *****
    Wah, aku ra ngerti je. Untungnya sampeyan ngasih tau, hehe

  12. Wah….. ternyata sigma juga muncull…. sory kemaren nngak bisa datang.. bersih2 rumah mo dikontrakkan… tapi sayang ampe hari ini rumah belum ada yang minat.. kalo ada yang minat itu rumah ada di fajar indah…. berminat hub aku ya…. freshblot.wordpress.com

  13. 😆 waaah, pembunuhan karakter iki😆

    tapi it’s ok, selama janur kun……. (ra sido diteruske).

    anyway, salut buat semangat teman-teman blogger Solo, semoga ke depannya akan banyak terjalin kerjasama dengan teman-teman CahAndong.

    *****
    Udah ‘milik’ orang tuh! Nek enek opo-opo, aku ra tanggung jawab lho ya😛
    Sip, ditunggu kerjasamanya

  14. Mas ,
    numpang kenal ya…waktu itu saya juga di sms Mas andy diajak keacara ini, tapi kebetulan sebagai pengacara (pengangguranbanyakacara) saya lagi banyak jagongan, selain itu saya juga lagi kena demam minder kok ada yang ngajak datang ke temu blogger, wong saya ini kata mas andy masih adiknya gurem blogger kok…
    lain kali kaluk demam minder blogger sudah mari, saya p[engin juya ikutan…tapi ojo’ diisin2 ya Mas…

  15. Lihat foto terakhir, jadi ingat lagunya Yolanda-Kangan_Band:
    canda tawamu, senangkan aku Zoraya… apa kau tak merasa Zoraya, kekekekek..
    Oh.. Yolanda ya??

    *****
    Wes tuwek kok isih ngrungokke ‘Yolanda’

  16. mampus lu too… *ngakak-ngakak*

  17. kwkwkwk… itu lagi mojok ya… hehehe… kena jepret😀

  18. […] Nasi Kebuli lalu bergegas ke Hik Speedy di mana acara sarasehan itu diadakan. Di sana saya bertemu Dony Alfan, Fauzan Sigma, Danoe, Mas Blontank, Mas Andy, Sha, Soraya, Pak Didi, Pak Hepi, Tyo Kecil, dan […]

  19. wakakakakka~ *nunggu klarifikasi antobinal* …BTW semarang diundang mbok ya sekali kali😀

    *****
    Sip!

  20. siip! sayang aku ga bisa hadir tapi aku selalu mendukung, bro!

  21. Nanti Jogja Solo Semarang ngumpul bikin Joglosemar Semarloyo

  22. Zorayaa..a.a.. kasihkuu..uu.uu..
    Eh itu Sahara ding😀

    *nyesel karena kemarin ga bisa ikutan kumpul-kumpul numpak pramex*

  23. Ayo kapan jalan-jalan dan makan-makan?😀

  24. wah, jd pengin ngikut, scr jogja-solo ki mung cedhak….

  25. Lho lho lho..
    Anakku juga ikutan ke foto…

    Thanks mas kemarin sudah datang.. langsung action apa nih?

    *****
    Oh, itu anak sampeyan tho? Tak kiro anake si Anto, wakakaka

  26. dony wae ketua ne… kui blontak wes ketuwekan hahahahaha…..

    *****
    Lha amargo tuwek kuwi, awake dewe sing isih enom iki ngajeni sing tuwek🙂

  27. wha iki. tambah satu komunitas blogger di jawa tengah. wis lek gawe kenduri blogger, saya tak numpang tenar:mrgreen:

  28. selamat selamat
    buat bloger solo

  29. sukses buwat solo..salam buat de brave hendriken…

  30. hahaha ternyata anto nyasar ke Solo..😀
    sigma2… rambutmu panjang skrg… hahaha

  31. Sorry mas, klo acaranya kemaren agak berantakan, persiapannya cuma lewat YM sich…. ketemunya baru paginya.. KOq MCne ra ke photo yo…

  32. ih itu gambar yang bawah baguss..
    hihihih…

  33. hahahahahahahahahahaa…..
    foto yang terakhir bikin aku ngakak!

  34. Aq di Jakarta… tapi orang solo juga.. njuk aq ikut kopdar di Jakarta atau di Solo????

  35. Solo apa Surakarta mas??? Eh, nek Kartosuro lain lagi ya…

  36. gyahahaha…

    modyar kowe, Tok! :))

  37. Kok ada yang nitip salam ke saia liwat komentar di sini yo???

  38. […] Blontank yang bergaya dan Andy MSE yang tersenyum kecut pringas-pringis menahan sakit gigi >> gambar dari Donny. […]

  39. Selamat nggo kabeh Blogger2 Solo … aku kok dhadi terharu mbaca artikelmu iki Don, pasalnya aku dah hampir 15 tahun an dhurung balik kota Solo. Saiki perkembangane wes makin maju dan modern🙂 Salam nggo kota Solo seng ayu lan kemayu, he he!😎 …

  40. Weh… Ndrengese kang andy ranguati

  41. gyahahaha, antobilang sudah hapal jadwal kereta prameks belum ya?

  42. @mas Andy : ko koyone yolanda terus kie mas…mbok sing liyane…
    @mas Dony : salam kenal ae mase…
    @semuanya : kapan ni kita bisa kopdar lagi ? klo ada kopdar kabar2i yo…

  43. anto…

    kamu

    sungguh

    hebat!

  44. potomu ndi mas
    tak klik kanan save image wekekekekkekeke

    *****
    Pengen fotoku? Digoleki dewe ya😛

  45. fotonya yang punya blog mana nih?
    Selamat ya, atas komunitas bloggernya.

    *****
    Saya motret aja, gak PD kalo dipotret😀

  46. mas, lam knl ya, kaos blogger solo udah bikin lom ? aq pesen 1 dunk bt koleksi

  47. Nanya mas…mangsudnya SOLO niku kutha surakarta thok nopo pripun?ngapunten yen ra nyambung..
    Sekalian hangaturaken wilujeng kemawon,mugi2 tesih wonten jilid 2,3 lan sapiturute..
    Nuwun.

    *****
    Solo sing dimaksud njih ‘dan sekitarnya’ alias Subosukawonosraten, mboten naming Solo kutho thok.

  48. Waduh… liat komen nomor 6,7,8 kok gaswat… Yolanda-ku ilang dah!…

  49. Sayang saya udah enggak tinggal di solo ya mas…kalau masih pasti ikutan dech

  50. Lahhh… kowe ora kenal aku to mas? Piye iki… Padahal aku pas acara kuwi ora ning kono lo…😀

    Ehh.. YM mu opo kang? PM yo..

    *****
    Gayamu, mas! Ora teko wae. YM-ku ada di sidebar

  51. Aku nggabung yen ketuane kowe.😀

    *****
    Sampeyan mawon, Dok!

  52. sayang nggak bisa ikut…

  53. salam kenal,,,saia tinggalkan jejak disini,,,

    jejaknya ditunggu di blog saia yah,,,

  54. Dadi, sido dijenengi opo,mas?

    *****
    Belum tau tuh, masih perlu ketemuan lagi kayaknya

  55. salam kenal…
    http://www.soeni.wordpress.com
    asyik ya ada acara kumpul bloggos, blogger, jadi semangat ni ngeblog lagi….. kira2 ada gak ya di surabaya acara semacam itu??????????????

  56. wah saya suka gaya penampilan junjungan saya merangkap penasihat spiritual saya itu… paman patih blontank. salam untuk antobelang sang penyibak jalan…😀

  57. Mesakke men aku ya…Blogger Jogja dudu, blogger solo yo ra di anggep…gawe dewe wae ah, blogger wates…hahahaha….

  58. […] solo. Banyak cerita di sana. Misal saja, mas donny menyambut pertemuan kemaren sebagai “Cikal bakal komunitas blogger Solo“. Mas Iqbal yang mendapat banyak teman blogger yang baru *ya ini mas gunanya kopdar*. Mas […]

  59. […] blogger solo. Banyak cerita di sana. Misal saja, mas donny menyambut pertemuan kemaren sebagai “Cikal bakal komunitas blogger Solo“. Mas Iqbal yang mendapat banyak teman blogger yang baru  *ya ini mas gunanya kopdar*. Mas […]

  60. Met long long wiken Dony🙂

  61. Kulanuwun, Nderek mampir ke Orang Solo, biar saya orang Semarangan, Mas Andy itu asalnya juga satu Daerah dengan saya kok, hanya diuntungkan sementara tinggal dan berumah di Solo, sehingga jadi bloger solonan.
    Selamat menunggu acara yang ditunggu tunggu segera terujud ya mbah…

  62. pengen ke Solo lagi deh mass…
    btw slamat hari raya idul adha 1429 h, mohon maaf lahir dan bathin…
    karena dah maafan, maka dq sampein..link mas dah ta’ pasang,,..tukeran n saling kunjung yahh!..

  63. Wahh seru ya…semoga blogger Solo semakin dapat berkiprah, tak hanya di dunia nyata tapi juga di dunia nyata.

  64. wkakakkaaakkkaaa..episode : anto rorimpandey bilang mencari cinta

  65. amin, semoga follow-up dari sarasehan blogger Solo bisa membuat dunia per-blog-an di Solo terus berjaya ya…

  66. hallo

    saya juga dari solo

    salam

    mova nugraha

  67. saya boleh ikutan jadi anggota ga ya maz? saya kan punya sodara di solo… bagusnya nama komunitasnya OSLO BLOGGER .. ketua donny alfan.. matap!!!

  68. mantab… semoga lahirnya blogger solo bisa menumbuhkan minat ngeblog di solo

    salam kenal

  69. mas Tukang Nggunem, sama kayak aku.
    karena dah hengkang dari solo sejak 5 tahn lalu, meski dibesarkan dan sampe sekarang kalo pulang kampung selalu ke solo.
    Lha domisili ku sekarang (di Magelang) nggak ada blogger-bloggeran je…

    btw, saya bangga dengan kawan2 blogos… Para blogger solo sedang mencoba bangkit mengejar ketinggalan dari blogger2 kota2 besar lainnya…
    semangar terus para bloggos….
    nek aku pas mulih solo tak melu kop-dar-an ah… (tapi kapan???)

  70. cen ayu tenan je…
    sayang wes ono seng duwe..

  71. …dan saya menjadi pengkhianat karena sebagai perencana serbuan CA ke Solo waktu itu malah asyik mbojo di Bandung.:mrgreen:

  72. sukses ya…

    aq lagi nunggu peresmian blogger Palembang…

    walaw dah ada n sering kopdar…
    kayaknya blon perasmian …

  73. waduh kesasar mrene …., ki omong opo to aq ra dong blass ?? ono hubunganne kro kangen band ? yolanda kae pora ??

  74. Wong Solo ngeblog? Weleh, mangke ampun ngagem boso kromo inggil nggih blogipun poro sedherek saking Solo.

  75. […] blogger solo. Banyak cerita di sana. Misal saja, mas donny menyambut pertemuan kemaren sebagai “Cikal bakal komunitas blogger Solo“. Mas Iqbal yang mendapat banyak teman blogger yang baru *ya ini mas gunanya kopdar*. Mas ressay […]

  76. Mau ikutan komunitas Blogger Solo (kalau sudah jadi nanti), tapi aku iki blogger Surabaya-Solo, je. Jadi, mungkin lebih tepat bila menjadi anggota komunitas Blogger Ngawi, atau Sragen (yang letaknya antara Surabaya dan Solo), hahahaha.

  77. Kunjungan Perdana !!!!!!!!!!!
    Salam dari Blogger KalSel

  78. aku ko ga di undang?🙂

  79. ayu tenan ikk.YM-e apa ya?hehe

  80. he..he..foto-fotone mantabs-mantabss…salam bengawan solo kang…

  81. Aku melu gabung yo…

  82. Kiro-2 ono po ra yo koncoku sing mantan SMEAN 2 angkatan 92, nek ono mbok dijawil aku…

  83. […] blogger solo. Banyak cerita di sana. Misal saja, mas donny menyambut pertemuan kemaren sebagai “Cikal bakal komunitas blogger Solo“. Mas Iqbal yang mendapat banyak teman blogger yang baru *ya ini mas gunanya kopdar*. Mas ressay […]

  84. mbok kalo ada, cerita-cerita seputar solo Cyber city (kayak awal ide nya dan tujuan nya) saya di share… saya tertarik. tapi karena cupet ilmunya jadine ya harus banyak nya… terimakasih respon nya…

    salam
    “Solo MAju bersama…”

Tinggalkan Balasan

