24 Komentar

Bertemu Kawan Semasa SD

Kata ustad, shalat berjamaah itu bisa menjalin silaturahmi diantara sesama muslim. Belum lama ini saya membuktikan sendiri perkataan tersebut. Dalam dua shalat berjamaah, shalat Idul Fitri dan shalat Jumat, saya bertemu kembali dengan dua kawan semasa SD yang sudah cukup lama tak bersua.

Setiap tahunnya saya selalu merayakan Idul Fitri di salah satu desa di Sragen, daerah asal saya, jaraknya sekitar 30 kilometer dari Solo. Ya, aslinya saya memang wong ndeso, bukan orang kota, apalagi kosmopolit. Shalat Idul Fitri kemarin saya datang agak telat, walhasil hanya dapat tempat di halaman luar masjid. Seusai salam, saya baru sadar bahwa seorang jamaah di sebelah kanan ternyata adalah salah satu kawan saya semasa SD. Agak pangling juga, dia sudah memelihara kumis rupanya. Karena menghormati kotbah, kami tak banyak berbincang. Saya hanya menanyakan kabar dan pekerjaannya. Semenjak lulus dari STM, dia langsung merantau ke Ibu Kota. Dan sekarang sudah jadi sopir pribadi di daerah Jakarta Barat.

Selanjutnya, usai shalat Jumat, saat masih bingung mencari sandal, tiba-tiba ada orang tegap dan berambut cepak bak serdadu mengajak saya bersalaman. Dia adalah kawan semasa SD juga, dan memang benar seorang serdadu. Sudah jadi marinir, dulu pernah tergabung dalam Pasukan Perdamaian yang dikirim ke Libanon. Saya tak tahu apa pangkatnya saat ini.

Semasa SD dulu, kami bertiga memang berkawan. Bermain bersama, bersepeda berkeliling kampung, menghabiskan waktu di pinggir sawah, dan kadang nyemplung bareng di kali. Saat kelas 6, mendekati Ebtanas, kami sempat membuat sebuah kelompok belajar bersama. Setelah lulus SD, saya jarang bertemu lagi dengan mereka berdua. Sejak SMP sampai sekarang kuliah, saya lebih sering di Solo, menimba ilmu. Sementara kedua orang tua tinggal di Sragen. Dulu di setiap akhir pekan saya selalu pulang kampung, tapi sekarang tak lagi menentu, kadang sebulan baru pulang.

Baik si sopir maupun si serdadu, dua kawan saya tadi sudah bisa menentukan pilihan dan jalan hidupnya. Bukan berarti si sopir kalah sukses dengan si serdadu, mereka berdua telah menjadi orang sukses di bidangnya masing-masing. Tanyakanlah arti kesuksesan kepada Mario Teguh dan Tung Desem Waringin. Menurut pemahaman saya pribadi, kesuksesan tak melulu diukur dengan materi, atau berapa jumlah mobil yang terparkir di garasi. Diantara kami bertiga, hanya saya yang belum jelas mau jadi apa. Jangankan menentukan pilihan dan jalan hidup, melangkahkan kaki dan menatap masa depan saja tak berani. Mungkin saya harus membaca Laskar Pelangi, kata orang-orang sih bisa memberikan pencerahan sekaligus motivasi.

PS: Mestinya, saya melaksanakan shalat fardhu lima waktu berjamaah di masjid, siapa tahu selain bertemu dengan kawan lama dan kawan baru, juga bisa bertemu jodoh😀

Ilustrasi: majalahkomunitas.blog.dada.net

24 comments on “Bertemu Kawan Semasa SD

  1. memang menyenangkan yah bertemu teman lama.

    memang nasib orang kita gak pernah tau.Saya jd inget sahabat saya, dulu sebangku ketika SMP. pdhl dulu nilai rapotnya selalu jeleeekkk … selalu dia nyontek ama saya.
    tapi yah yg namanya rejeki ditangan Allah, skrg dia berhasil dapet kerja di BMW di OXford England sana.

    Subhanallah.

    hehehe…kok jd malah saya yg cerita.
    sorry yah don, baru sempet main2 ke blog kamu.

    Makasih sudah mampir kembali ke blog ini. Wah, kebetulan nih, mbak. Jaman sekolah dulu, nilaiku juga jelek2. Jangan2 saya bakal nyusul temen mbak di BMW, haha, ngimpi kali ye….

  2. pertemuan dengan kawan lama adalah pertemuan dg masa lalu. pertemuan macam itu pasti membahagiakan. membuat kita berefleksi ttg diri kita sendiri. iya kan?

    btw, semoga sgra ketemu jodoh, meski bukan di masjid pas sholat fardhu. ha2


    pertemuan dengan kawan lama adalah pertemuan dg masa lalu.

    Quote yang bagus! Makasih sudah memberi pencerahan. Kalo nggak ketemu jodoh di masjid, ya di kampus juga boleh, haha!

  3. Menyenangkan ya ketemu teman lama…..dan nasib memang berbeda-beda. Tapi apakah kebahagiaan sama? Kadang yang hidup sederhana lebih berbahagia daripada yang sukses, karena yang sukses harus tetap mempertahankan kesuksesannya…sehingga kurang waktu untuk keluarganya.

    Ya, kesuksesan tak selalu berbanding lurus dengan kebahagiaan…

  4. amin… semoga cepet ketemu jodohnya, amin…
    Pak Mario Teguh guru saya juga, lho…🙂
    Kalo sampean ikut milis mtsuperclub@yahoogroups.com, saya SM 0313…

    selamat Idul Fitri 1429H… mohon maaf lahir & batin juga…

    sebagai tambahan, saya membuat tulisan tentang “Idul Fitri, Kembali Fith-rah ataukah Kembali Fith-run?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/10/idul-fitri-kembali-fith-rah-ataukah.html
    (link di atas adalah tulisan ke-1 dr 2 buah link tentang Muhasabah Idul Fitri)

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

  5. wah…kawan lama ya.seneng pasti rasanya mengenang kembali masamasa jamn lampau dengan bersamasama. ah saya jadi rindu temanteman SD. lama sekali tak berjumpa seperti apa kehidupan mereka sekarang.hmm

  6. Lho…lho…lho…Sholat ki nggo golek pahala mas Dony…Ojo dinggo golek jodho…

    Yen pengin golek jodho, mending mampiro nang blogku wae…Aku maw bar kopdar mbek blogger Suroboyo lho…ayu-ayu tenan jew…Lha kae wis tak pasang link-e…Ndang mampiro nang blog-ku, selak kedhisikan wong liyo lho…hahaha…

    Sambil menyelam minum es teh, boleh kan, dok? Haha. Aku sudah ke meluncur ke link-link itu. Namun tampaknya bukan tipeku semua. * jual mahal mode on😀

  7. Kan sudah jelas to bos. Km mau jd blogger kan? Wkaka

  8. ya ya ya… temanya sama. ketemuan sama teman lama…
    bukankah itu memang menyenangkan???

  9. nganuh..lebaran kemaren, temen SD sayah sudah pada beranak pinak…hehehehe
    ^_^
    saya doaken semuga mas dony cepet dikarunia momongan *loh*

  10. sama… aku juga belum tahu mau kemana.. tp tetap saja santai…🙂

  11. Kok okeh kommen tentang jodoh ya? Dony seng kreativ dan alim ndhang ketemu jodoh ya … he hee😀

    Pancen seneng nek ketemu konco lawas, koyone kangen tenan masa sekolah nan indah suka mbolos trus naik2 jendela …*kuwi aku😦

    Temane tentang pertemanan kok malah tekan jodoh, gara2 ‘PS’ itu pasti. Wah, pas sekolah sampeyan ndak tertib juga rupanya, awas menurun ke anaknya lho, hehe.

  12. selamat malam mas..mampir di pimggira kota solo di sebelah hotel gajah mada🙂

  13. Saya seperti merasakan adanya tekanan yang lebih pada pesan moral terakhir..

    “Mestinya, saya melaksanakan shalat fardhu lima waktu berjamaah di masjid, siapa tahu selain bertemu dengan kawan lama dan kawan baru, juga bisa bertemu jodoh”

    atau hanya perasaan saya saja…

    Lha yo tho, gara-gara ‘PS’ yang secuil itu, tema tulisan tentang ‘pertemanan’ pun buyar! Sayangnya, perasaan sampeyan itu benar adanya, wakakakak!

  14. lha saya ketemu mantan kyai….
    halah….😀

  15. Itu konco SD kok pacakane RAMBO… hehehe

  16. wah reunian ni ceritanya ya???

    saiah sendiri sudah hampir tidak pernah bertemu dengan kawan dari masa sd…hihihi…

    coba nyari di facebook ato di fs..hmm muka mereka udah berubah semua…

    hihihi..ayo yang rajin sholatnya om!!biar jodohnya lancar…hihihi…ntar jangan lupa lo udah mau bikin undangan,,krimin saiah satu

  17. baru semalem saya ketemu temen SMA yg udah lama sekali ndak ketemu.
    di warung kopi tapinya😀

  18. enaknya ketemu temen temen masa kecil

  19. klo kita dirantau?..jarang banget tuh ktemu sama temen2 mas…(*sedihh..)

  20. lega rasanya ketemu kawan lama… lelah mencari kemana -ma na akhirnya ketemu…

  21. pengin ketemu teman kuliah aja susah, apalagi teman SD
    harus ku cari kemana?

  22. wah fotonya mengingatkan ku semasa penjelajahan pramuka.

    wajahku dicorat-coret pakai arang hiks😆

  23. gw kangen ama tmn lama di SMA nih,aq di sulawesi,eh dia pindah ke sragen skrg lose contact,pengen banget ktm…..

  24. bantuin dong,tmn gw namanya novita nurhidayati,25,f.tinggalnya di sragen😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: