9 Komentar

Tentang Koleksi Kaset

Masihkah Anda menyimpannya?

Saya baru sadar, ternyata cukup lama juga saya tidak mendengarkan musik dari kaset. Kemarin bersih-bersih kamar, laci yang berisi puluhan kaset itu kembali saya tengok, setelah sekian lama tidak dibuka.

Kira-kira sudah sejak SMP saya membeli kaset, hobi saja mendengarkan musik, tapi sama sekali tidak bisa memainkannya😀. Tak mudah saya membeli kaset-kaset itu, untuk satu album barat saya musti nabung, maklum dulu kéré – sekarang juga masih.

Kaset tidak begitu tahan lama, jika terlalu sering diputar jadi gampang nglokor. Selain itu juga ribet kalau mau menuju track tertentu, belum lagi dengan side A dan B nya. Tape deck dan walkman pun tak laku lagi, pemutar cakram CD/DVD dan MP3 player seperti iPod jadi pengganti.

Saat ini harga kaset kosong masih lebih mahal ketimbang CD blank kelas termurah yang cuma 1500 rupiah. Tapi anehnya, CD musik original harganya jauh berlipat dibanding kaset original. Maka yang laris adalah adalah CD bajakan, soal kualitas bisa jadi nomor dua, asal kuping Anda bukan kelas priyayi.

Ya kaset memang telah menjadi barang usang, lawas, jadul, vintage, tak semua album baru masa kini hadir dalam bentuk kaset, beberapa hanya sedia dalam bentuk CD. Meski begitu, kaset tetap layak koleksi, jadi klangenan. Koleksi kaset saya yang paling lawas adalah album Fenomena dari Search yang terkenal dengan lagu Isabella itu, kaset ini tinggalan dari almarhum kakak saya. Sedangkan kaset yang terakhir saya beli adalah kaset dagelan Basiyo, terbeli sekitar setahun yang lalu di Lokananta Solo.


Masihkah Anda menyimpan kaset? Kaset apa yang paling Anda sukai?

9 comments on “Tentang Koleksi Kaset

  1. isabela adalah..kisah cinta dua dunia..
    mengapa harus berjumpa..meski akhirnya..berpisah..
    siang jadi hilang..
    ditelan kegelapan malam..
    bla bla bla..

  2. Don, lha aku sampe sekarang masih punya kasette isabella tapi dalam kasette lagu2 campuran ..he he. Tak puter kalo pas lagi winter biar nggak kedinginan. Kelingan Tanah Air.

  3. wah, kasetnya isabella (search) masih ada?
    hebat!! berapa umur tuh kaset??

    • album di lencrkan di mlysa thn1989 dan msk indo pd awal thun 1990,jdi kira” sdh 23 thn di mlysa n 22 thun di indo,klo di htung di thn 2012.

  4. @ Ngatini – suaramu fales nduk😀
    @ Judith – Kenapa nggak donlod aja mbak? Nanti kasetnya nglokor loh, hehe
    @ Elsa – Itu kaset sejak tahun 1989, jadi ya udah 19 tahun

  5. OMIGOD itu kaset Isabela!! Masih ada tho?
    Ada yang punya MP3 nya ngga? Mau dong…

    Saya ingat dulu saya dan sepupu suka request pengamen menyanyikan lau Isabela baru kami kasih duit😀

  6. Saya jadi inget ama koleksi kaset saya, mo dikemanain ya..!!

  7. Kaset SEARCH yang itu aq juga punya.. Hehehe.. Nyanyi sik ahh… Isabela adalah kisah cinta dua dunia.. Mengapa kita berjumpa namun akhirnya terpisah… Sepp to?

  8. Mas mau donk kaset SEARCH nya Fenomena..Saya beli deh thx

Tinggalkan Balasan

