10 Komentar

Cobaan Bagi Hendarman

Anak buah molah, pimpinan kepradhah

Coba lihat bagaimana Jaksa Agung Hendarman Supandji tertunduk sambil memegang keningnya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR. Sebuah gesture yang menggambarkan bagaimana dia dibuat pusing gara-gara ulah beberapa anak buahnya yang telpon-telponan dengan Artalyta dan disadap oleh KPK itu. Lembaga yang dia pimpin pun seolah sudah kehilangan wibawa di mata masyarakat.

Tapi kita juga tidak bisa gebyah uyah menganggap bahwa semua jaksa itu bermental busuk. Saya percaya masih ada jaksa dan penegak hukum yang jujur, entah itu menjadi mayoritas atau justru minoritas yang terasing dalam lingkungan penuh iblis.

“Anak buah molah, pimpinan kepradhah”, itu sebenarnya hanya plesetan dari istilah Jawa, “anak molah, bapak kepradhah”. Molah (polah) artinya bertingkah buruk, sedangkan kepradhah artinya terperkara. Jadi, jika anak melakukan perbuatan buruk, orang tua juga akan mendapatkan hukuman, aib, beban, dan lain sebagainya.

Dalam konteks kasus suap di Kejaksaan Agung, Hendarman lah yang mengisi posisi sebagai orang tua itu, dialah yang memikul aib dan beban. Tak hanya itu saja, dia juga punya tugas berat untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari masyarakat, sekaligus membersihkan lembaga yang dia pimpin dari orang-orang bermental korup dan rakus.

Mampukah Hendarman melakukan itu semua? Yah, kita tunggu saja. Semoga gajinya sebagai Jaksa Agung sudah mencukupi, sehingga tak perlu ikut-ikutan berbisnis permata seperti Urip😀

Imej: repro Media Indonesia edisi 26 Juni 2008

10 comments on “Cobaan Bagi Hendarman

  1. dasar om dan tante girang!

  2. semoga mereka insap. uang mereka ga akan barokah. cie..

  3. ki do komen opo iki?
    siapa polah,siapa kepradah?wah kasus ini benar-benar menjadi tamparan bagi kinerja dan kredibilitas kejaksaan agung.
    Teka-teki siapa Artalyta Suryani yang menjadi tersangka penyuapan Jaksa Urip Tri Gunawan masih menjadi misteri. KPK yang melakukan penyidikan hingga kini masih belum membuka mulut mengenai siapa sebenarnya wanita yang disebut-sebut menjadi penghubung antara Jaksa Urip dengan pengusaha Sjamsul Nursalim.

  4. Semoga semua kasus yang merugikan negara segera terungkap…

  5. endonesah gitu loh.. negri yang haibatz..

  6. sebagai tetua memang hendarman harus ambil alih tanggung jawab rumah tangga secara penuh….
    ya to?

  7. nah lho……ko headernya bapak tukang koran yang sering berkeliaran di Sastra yah????gek ra iso boso jowo meneh bapake…ckckckckckck

  8. mending uangnya di sumbang aja ke panti asuhan🙂

  9. uangnya buat Q ajah, hehe.. lumayan buat beli domain.. salam kenal mas, sesama orang solo..

  10. jadi ingat judul bukunya mantan jagung abdurahman saleh yang pake “kampung maling” itu. (lupa lengkapnya). msk si kejaksaan itu kampung maling?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: