20 Komentar

Tips Untuk Menjadi Seleb Blog

Kesimpulan dari analisis sok tau


“Apa sih syarat bagi seorang blogger agar bisa disebut seleb blog?” Syaratnya cuman satu, jumlah komentar yang buuanyak. Meskipun nama seorang blogger sudah sering disebut-sebut, tapi kalo komentar yang datang di blognya sedikit, sepertinya kok ada yang kurang. Jumlah komentar dan ketenaran itu bisa dianggap berbanding lurus. “Yang dimaksud banyak itu emang berapa?” Saya membagi ‘banyak’ itu menjadi tiga kelas, 30-40an komentar setiap posting itu adalah seleb kelas umum, 50-60an komentar adalah kelas medium, dan lebih dari 70 komentar itu adalah seleb kelas kampiun.

Beberapa blogger berpendapat bahwa jumlah komentar itu nggak penting, tapi tak bisa disangkal bahwa komentar dari blogger lain bisa memotivasi kita untuk terus ngeblog.

“Terus gimana caranya supaya posting kita mendapat banyak komentar?” Sebenarnya saya tidak berwenang untuk menjawab pertanyaan ini maupun pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, karena komentar yang datang di blog saya juga belum luar biasa jumlahnya, tapi dari pengamatan dan analisis sok tau yang lakukan terhadap dunia blog Indonesia, saya memiliki pendapat sendiri – masih boleh kan berpendapat?

Supaya bisa dapat banyak komentar, sebelumnya blog anda musti dikenal dan terkenal diantara para blogger. Ada dua cara supaya blog anda dikenal dan terkenal, yakni cara konservatif dan cara instan.

Cara konservatif:

– Bikin tulisan yang bagus dan orisinil. Cukup yang ringan-ringan aja, jangan terlalu berat. Maklum, yang ringan dan lucu itu lebih laku.
– Rajin update blog.
– Selalu bikin tulisan tentang topik yang lagi hot-hotnya di media, setidaknya itu bisa membuat trafik anda meningkat. Karena blog anda bisa terangkut search engine saat banyak orang mencari topik yang lagi hangat tersebut. Analoginya, kalo lagi musim layangan, ya kita ikutan main layangan, bukan main kelereng.
– Rajin blogwalking dan meninggalkan link di blog lain, misalnya melalui posting komentar, kalau perlu mengkomentari posting Hello World! di WordPress, atau bisa juga cuman cuap-cuap di SB. Minimal setiap hari anda harus menebar ‘benih’ link di 50 blog.
– Ikutan komunitas blogger, seperti BlogFam, Angkringan, dan lain lain.

Cara instan:

– Jadi selebritis atau public figure dulu yang sering nongol di tv, terutama infotainment, baru kemudian bikin blog. Alias tenar duluan, baru ngeblog.
– Edit foto public figure jadi tak senonoh, lalu diposting di blog, sampai yang bersangkutan nggak terima dan menuntut anda lewat jalur hukum karena ‘pencemaran nama baik’, dari situ alamat blog anda akan disebut-sebut media dan forum blog. Konsekwensinya anda harus siap berhadapan dengan polisi, bahkan sampai ke pengadilan kalo tuntutan terus berlanjut.*
Copy-Paste (baca:kopas) posting para seleb blog senior, sampai para seleb blog itu mencak-mencak dan menjelek-jelekkan anda di posting-an mereka. Tapi setelah itu anda jangan lupa untuk meminta maaf kepada mereka, dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.*
– Bikin quiz di blog, yang hadiahnya gadget terbaru, mug, dan piring cantik.
– Bagi anda blogger cewek, terutama yang berparas ayu, pasanglah foto wajah anda sebagai header. Dan bikin semacam sayembara, barang siapa yang paling sering berkomentar akan mendapatkan nomor hape pribadi anda dan janji kopdar di warung nasi yang cozy.

Jika cara-cara di atas sudah anda coba tapi ternyata tidak berhasil, ya jangan nuntut saya dong, toh saya nggak menjanjikan apa-apa, lagipula saya sendiri juga bukan seleb blog, haha. Apakah anda juga mempunyai tips lainnya untuk menjadi seleb blog? Ayo berbagi dong…

*: Cara tersebut termasuk bikin ulah, yang sudah pasti ada resikonya, dan ditanggung sendiri lho.

20 comments on “Tips Untuk Menjadi Seleb Blog

  1. Lha aku wong anyar… babar blas ora mudeng blog,sederhana wae.
    Salam nggo kota Solo ya mas, aku wis 17 taun ora tindak2 mrono.

    Blog-mu keren,sopan lan mitayani.
    Salam dari Swiss.

  2. sip ki tips e… perlu dicoba hehe

  3. Wah, cara instan itu sama sekali ga bener…😀

  4. Kayaknya semua tipsnya valid semua tuh Don..
    Dan saya tau siapa itu yg pake teknik Kopas hehe🙂
    Kalau skrg saya sudah ga ambil pusing dengan komentar, yang penting posting aja apa yg ada dikepala saya. Ntah itu hot atau cold issue. Hanya satu motivasi saya, semoga tulisan saya bisa bermanfaat🙂

    Oya, editan gambarnya bagus Don.. cocok sama artikelnya ..

  5. Komennya fatih Syuhud, Enda sekarang paling dibawah 20..gimana dong
    he he

  6. ah, si roy ada kerjaan lagi nih. ada yang tau nomer hengponnya gak?
    aku suruh bikin poto mesum antara paman tyo dan dian sastro ajah….

  7. wah, udah seleb blog lo sekarang ternyata!heheh..dan gue baru sadar kalo kadang gue terlalu males buat blogwalking, bukan apa don, kerjaan gue sekarang jadi banyak mendadak, posting baru aja jarang..

    but i’ll do my best, to be a blog celeb..haha!fukk lah, celeb ato gak, mo yang komentar banyak ato dikit, yang penting onani trus!! (istilahnya ghondes)

  8. Ya, selamat anak muda…kamu telah menapaki satu jalan menuju ke tingkat selebritas blog…lha itu, kamu nyindir mbaknya yang dulu punya kasus ma salah satu seleb blog, sampe harus minta maaf, itu juga setelah namanya hancur lebur, pasti kamu juga pengen dikasuske sama mbaknya itu yang sekarang saya yakin dia punya fans banyak…lha wong ayu jhe…lha trus kalo udah dapet predikat seleb blog mau apa? apa untungnya? wong kamu juga gak pasang adsense kok…lha po meh mbok pamerke aku? ra ngefek to yo le…mending nyruput kopi nang PRIYAYI daripada mumet2 mikir cara jadi seleb blog, ra musum….

  9. Yo wis…. SALAM KENAL, ayo ijol-ijolan link😀, Matur tengkyu…!

  10. Tukeran link yuk mas!… halah.. huahhah

  11. Hyaaahh.. gambarnya baguss!! Iyah.. sayah mah setuju semua tuh.. dan kayaknya yg situ tulis cukup reliable, karena semuanya itu emang pernah terjadi di ranah blogosphere inih. Ahyak.. Btw kalo aku lagi nyampah emang komen bisa banyak.. Ber arti aku udah seleb blog dong?! yeah!! (pdhl dengan cara blogwalking ampe goblog)

  12. Yang pengen jadi seleb, ikuti aja saran2 tersebut. Tapi buat apa to, lha wong gak jadi seleb aja blog kita pasti dibaca ribuan orang kok. Saya yakin, meskipun tanpa komen tapi ada puluhan pasang mata yang telah membaca postingan Anda. Baca blog tak berarti harus komen kan??

  13. Tujuan saya ngeblog buat cari istri mas…Kayak Adit ama Ninit tu lho.Kira2 mungkin gak…Hohoho…
    ^o^

  14. nanti ngeblognya jadi beban loh ehheheh

  15. kalau komentar tapi singkat seperti nyepam gitu kira2 bisa diterima gak ya hehehe… soalnya saking banyaknya RSS yg belum kebaca jadi komentarnya jadi borongan juga😀

  16. @ Judith – Lha kapan mbak balik Solo maneh? Tak tunggu lho, hehe
    Makasih buat compliment-nya.

    @ Anang – Seleb blog mosok kudu diajari, opo ra kwalik?

    @ Zee – Makanya jangan ditiru, mbak.

    @ Jiewa – Ternyata sampeyan juga tahu siapa yang saya maksud😉
    Ilustrasi sebisa mungkin mendukung artikel.

    @ Iman Brotoseno – Anggap saja itu sebagai salah satu bukti bahwa sebenarnya ketenaran itu bukanlah hal yang abadi. Oya, suatu kehormatan bagi saya, seorang seleb blog seperti Mas Iman mau berkunjung ke blog saya yang masih ngontrak ini, harap maklum jika bikin kecewa…

    @ Sluman Slumun Slamet – Wah, jangan Paman Tyo dong, sudah punya anak-istri dia. Gimana klo saya aja, huahua

    @ Koboi Urban – Lha yang seleb itu orang lain, bukan saya. Banyak kerjaan biar bisa nyicil beli skuter ya? ;D

    @ Tukang Nggunem – Halah iki maneh, bukannya yang seleb blog itu justru sampeyan? Harusnya saya yang nanya sama sampeyan, enak nggak jadi seleb blog?
    Lha iya tho, coba klo pelaku kopas itu tampangnya nggilani kayak saya, pasti endingnya dijotosi para blogger handal itu, trus diasingkan, mesakke tnan…

    @ Fiz dan Ipul Anwar – Hehe iya, saya lupa magic word itu: TUKERAN LINK YUK!

    @ Titiw – Halah tulisan saya itu cuman gombalan, reliable kelas abal mungkin, heheSampeyan khan memang seleb blog tho. Saya lihat link2nya sudah sampai ujung dunia ;D

    @ Mufti AM – Setuju, mas. Komen memang tidak diwajibkan kok, emangnya sholat 5 waktu?

    @ Andri Kusuma – Cari istri mending di frenster aja, mas. Jelas lebih banyak pilihannya, masih seger dan semlohe pula, hehe. Adit-Ninit ki sopo yo? Maaf, saya ketinggalan berita nih kayaknya

    @ Kw – Ngeblog nggo haha hihi waelah

    @ Totok Sugianto – Komentar harusnya yang bermutu sih, yah paling tidak musti nyambung sama posting-nya. Bukan cuma, “pertamaxx”, “hebat”, “kereeen”, “oh gitu ya”

  17. hhahaha
    boleh jg tu cara instan,,
    krukupan sempag di kepala, poto, pasang di blog,,
    =D

  18. wah lumayan juga ya kalo bisa jadi blogger seleb… btw kalo bisa jadi blogger seleb duitnya bisa banyak juga ya kalo bisa dimanfaatkan

  19. ojo nge blog terus
    nek pengen wae lagi posting…
    ndak ra rampung skripsine

  20. wew.. tips yg mantab nih..

    btw, emang ada seleb blog ya ?

    salam kenal, newbie nih Pak🙂

    MERDEKA!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

