24 Komentar

Saya Yang Susah Tidur

Tidur untuk beberapa orang memang bukan hal gampang. Contohnya, si “aku” dalam novel Fight Club, tiga minggu dia tidak tidur, sampai akhirnya terpaksa mendatangi seorang dokter dan berharap bisa mendapatkan Amytal Sodium 200mg, Tuinal, dan Seconal. Tapi dokter itu menganjurkan cara alami dengan mengunyah akar valerian dan berolah raga lebih banyak. Itu hanya sekedar cerita fiksi saja, apakah benar ada orang yang menderita insomnia akut hingga tak tidur tiga minggu, saya tak tahu.

Saya sendiri sudah sejak SMA susah tidur, saat itu masih bisa terlelap pada jam 1-2, tapi sekarang jam empat pagi baru bisa tidur. Sehingga saat bulan Puasa kemarin saya baru merem setelah sahur dan sholat Subuh.

Dulu pernah mencoba Otede dan Lelap, tetap saja tidak bisa langsung tidur, obat tidur itu masih butuh waktu sekitar 1 jam untuk bekerja, dan justru membuat saya berhalusinasi. Sampai pada suatu saat seorang teman yang kuliah di kedokteran mengingatkan efek buruknya, saya pun berhenti mengkonsumsi.

Meskipun baru bisa tidur di pagi buta, tapi jatah tidur saya tetap normal, 6 jam setiap hari. Bangun sekitar pukul sepuluh, bukannya sok jadi seniman yang baru bangun saat matahari mulai terik, tapi karena memang tubuh yang menuntut haknya untuk beristirahat dengan cukup. Rejeki dipatuk ayam? Ah, untuk saat ini saya tak begitu peduli. Karena itu pula mungkin saya tidak cocok untuk bekerja kantoran seperti di Jakarta, yang jam lima pagi sudah pada berangkat kerja menghindari macet. Merubah kebiasaan kadang lebih susah dibanding merubah watak dan perilaku.

Saya juga tidak bisa tertidur jika suasananya terlalu sepi, TV dan radio pun menjadi alat untuk menghasilkan sedikit suara, pengantar tidur. Untuk TV selalu saya aktifkan timer-nya agar bisa mati secara otomatis, tak boros listrik, sesuai himbauan gerakan hemat energi. Saat Indonesia mengalami krisis energi beberapa tahun kemarin, media massa elektronik dilarang bersiaran lebih dari jam satu, saya pun seperti bulus klumah, kebingungan. Terpaksa saya mengeluarkan kaset-kaset (sampai sekarang juga belum mampu beli CD) dari laci penyimpanan. Roxette, Cranberries, Sarah McLachlan, Blur, Goo Goo Dolls, Cherry Bombshell, Bryan Adams, soundtrack film Dying Young, hingga album-album new age terbukti ampuh untuk mengantar saya tidur.

Beruntunglah anda yang gampang tertidur, tanpa butuh banyak syarat dan kondisi, bisa langsung pulas. Orang yang terlalu gampang ngantuk alias ngantukan (di Solo bahasa kasarnya micekan) juga malah nggak normal. Penjual sate ayam yang selalu lewat di depan rumah saya saat malam hari sungguh aneh bin ajaib, dia bisa tertidur sewaktu-waktu, bahkan saat masih mendorong gerobak dagangannya! Termasuk sleeping disorder, narcolepsy namanya. Tapi penjual sate ayam tersebut tidak sendirian, di sebuah gedung yang bentuk atapnya mirip UFO itu juga ada beberapa “anggota dewan” yang justru tertidur pulas saat rapat, tertidur pada saat seharusnya dia bekerja. Ngorok tapi tetap digaji? Banyak orang pasti mendambakannya.

Boleh tahu jam berapa anda bobok?

Ilustrasi: blogiseverything.com

24 comments on “Saya Yang Susah Tidur

  1. (smile)

    aku seperti biasa bo2k antara jam 10 ampe jam 11 mlm mas dony…ga’ blh lbh katanya ga’ baik bagi kesehatan!!malah aku pernah denger tp lum jelas bnr…katanya ada jerawat yg di hubung2kan ama bo2k lewat jam 12 mlm or kurang bo2k..

    waduHh mas dony ini knp ya apa karena banyk fikiran..??klo bnyk fikiran kok tiap hari,
    wahh ini solusinya klo dach punya Istri.. baru deh bo2knya teratur nnt heheee…

  2. Don, saya juga punya masalah yang sama, tapi gak gitu parah..paling jam 2 ato jam 3 udah tepar…itu juga baru akhir2 ini aja, jadi saya nggak sempat ngerasain jadi bulus klumah seperti sampeyan,hahaha….Satu hal yang saya tangkep dari tabiat sampeyan itu, sampeyan gak cocok jadi bapak2 berjas yang duduk di kursi empuk di gedung mirip UFO itu, lha wong syaratnya harus gampang micek pas denger pidato kok.

    Mengenai komen dari mbak Gelly yang si Doni harus punya istri kayaknya bener juga, minimal ada yang nemenin melek kalo pas insomnia..Apakah Mbak Gelly tertarik untuk mengisi posisi tersebut?? hehehe…ada apa ini ada apa…

  3. wah saya juga susah banget tidur…. tak jarang sehari hanya tidur 2-3 jam saja.. hiks

  4. makanya …jadwal YM diubah jadi siang hari..biar gampang bobona
    aku sejak di mesir sini..jadwal tidur jd kaco balo..slalu diatas jam 12 malem…
    sleeping disorder emang penyakit yg nyebelin… tapi udah ada tuh terapinya

  5. Dulu waktu masih jamannya sbg mahasiswa, saya juga susah bobok. Sampe parah dan akhirnya minum Lelap. Lumayan berkhasiat, ntah mungkin itu cuma sugesti.

    Setelah kerja, malah jadi suka ngantuk. Malah kalo bisa begitu pulang kantor males mandi, pengen langsung turu hehe..

    Kesimpulannya, mungkin Dony butuh kegiatan ekstra yg menguras tenaga dan pikiran, seperti panjat tebing atau lempar lembing.. lalu dilanjutkan main catur hehe.. Joke2..

    Kurangin minum kopi !😀

  6. bobok kok dibikin susah,…
    hehehe..

  7. Saya kalo mau tidur pasti baca2 apa saja, soalnya saya cari kegiatan yang bikin mata lelah, kalo udah baca pasti baru bisa tidur, soalnya mata udah kecapean (halah panjang amat)

  8. Saya kalo udah di tempat tidur gampang banget untuk tidur..yang susahnya adalah membuat saya untuk ke tempat tidur😛
    jadi klo tidur saya jam 12an🙂

  9. wah klu saya alias nyong, nek turu yi wengi terus.. gara2 dijak poro dulur lanang ol nang YM truz.. nek durung bedug subuh muni durung mapan.. :))

  10. kalau aku kok ngantukan. sekarang lagi latihan pengen ngurangi tidur. target, sehari maks tidur 4 jam. biar jadi perdana menteri kayak margareth tecer

  11. dulu jam 6 gue baru bisa tidur don, sekarang alhamdulilah udah naik pangkat jadi jam 4 – setengah 5 tidurnya (kagak ngaruh juga yak). Tapi nggak usah ngomel, siapa tau kita punya gen seorang penguasa dunia, stalin dan hitler bekerja di malam hari dan siangnya dipake buat tidur, percis kaya gue hihihihi!!!

  12. Aduh kalau kursinya gitu aku pasti betah tidurnya, nggak akan beranjak deh!

    http://evelynpy.wordpress.com/

  13. insomnia ya bro? wah cocok untuk melakukan hal2 alternatif di saat semua orang terlelap, mungkin mau mengorganisir sebuah fight club lalu bikin project mayhem di Solo ? aku ikutan…ha.ha.berarti daur biologis anda gak mainstream. Ini merupakan sebuah kesempatan untuk ngapain aja.dunia sadar sampeyan lebih lama dari dunia bawah sadar. kayaknya sampeyan cocok jadi jurnalis. kalo gak punya koran ya jadi kontributor tetapnya putra daerah ini.he.he.

  14. Tetanggaku juga ada mas yang setiap malam tidak bisa tidur. Yang dikerjakannya ya cuman dengerin wayang dari radio. Dah berlangsung 3 tahun lho.

    Pernah coba pake cara pengaturan napas mas?

  15. @ Gelly – banyak pikiran? Wah aku ki malah kurang pikiran je, plonga plongo, koyo wedhus cilikan bingung nggoleki bapak lan ibune. Masak sih punya istri bisa jadi solusi, ntar malah justru nambah masalah lagi😉

    @ Tukang Nggunem – halah tukang nggosip, sampeyan itu seleb blog apa infotainment blog sih? Heran deh…

    @ Anang – apa nggak kurang mas tidur cuman 2-3 jam? Ntar di kantor ngantuk lho

    @ Jiewa – Hehe, Koko Jie ternyata lucu juga. Gimana kalo dibalik, panjat lembing, dan lempar tebing? Caturnya diganti main monopoli bisa ga? Khan butuh taktik n strategi juga tuh.
    Konsumsi kopi saya nggak gila2an kok, paling cuma 1-2 cangkir sehari.

    @ Gathel – saya juga kadang baca buku sebelum tidur, tapi kalo bukunya ternyata bagus dan bikin penasaran (untuk novel) eh malah keasikan bacanya, malah ga jadi tidur deh.

    @ Agaz – ngapusi ngapusi! Wong biasane nek chat/konfren tengah wengi minggat dhisik, kakean alesan.

    @ Kw – tidur 4 jam bisa jadi perdana menteri. Wah, mungkin klo nggak tidur skalian bisa jadi raja!

    @ Nona Adia – Inilah seorang wanita yang (mungkin) bakal menjadi penguasa lalim selanjutnya. Rawk beibeh!

    @ Evelyn – itu bantal dijual di jepang, lumayan mahal loh harganya.

    @ Suarahimsa – Ayo, kapan bikin project mayhem jilid 3 ?!
    Jurnalis? Jurnalis infotainment mungkin😦

    @ M. Mufti – Pengaturan napas gimana sih caranya? Ajarin dong!

  16. mm..aku ga pernah tidur sejak kelas 5 SD..

  17. waa..kok masalah kita sama yah ??
    saya juga begitu..hi.hi.hi.hi.
    biasanya kalo jam pagi..malah saya gunakan untuk meditasi sajah..walopun bangun siang..tapi tetp seger sajah..
    dirimu tetap syalala yah..yuka yuka

  18. wah… kalo bantalnya kayak gitu sih, mimpinya bakal indah tiap malem tuh hahahahahahaha…😀

  19. Tips biar gampang bobo, jangan keseringan minum kopi.. (Ha3x keseringan nongkrong di kedai kopi)Sebelum bobo, cuci kaki+muka n gosok gigi..Habis tu, minum susu anget n baca buku di atas tempat tidur, dan..jangan lupa do’a. Klo aq resep itu manjur banget mas.. Coba aja..

  20. coba sampeyan plesir ke belahan bumi yang perbedaan waktunya lebih dari 6 jam di belakang Indonesia, jam tidur sampeyan akan jadi normal🙂.

    Kalau pakai cara diatas tidurnya masih diatas jam 3 pagi, berarti sampeyan punya bakat jadi paranormal karena sering tirakat melek wengi, ditambah kebiasaan minum teh sakralnya mbah Loso yang airnya berasal dari 7 sumber air.

  21. Jangan2 kamu sulit tidur karena terlalu sering mbayangin kaum hawa berwajah oriental yang menjadi idola kamu selama ini.

  22. Anda sebenarnya masih bs dikatakan beruntung lho…Masih memiliki pola tidur yg tetap,walaupun agak “aneh”.Rupanya Anda mengidap insomnia jenis “sleep onset insomnia”.
    Minum obat2 tidur tanpa resep dokter memang tidak dianjurkan..Obat2 itu sifatnya hanya untuk sementara waktu saja,selanjutnya harus dianalisis apa penyebab dari gangguan tidur tsb kmd atasi penyebab itu.
    Untuk lebih jelasnya silakan baca “Tips Mengatasi Insomnia” di blog saya.Alamatnya http://eharmayaku.blogspot.com.
    Semoga bs membantu =)

  23. coba cara meditasi sambil zikr Insya Allah ngantuknya datang kan yang menciptakan kita Allah, dan Dia pula yang mengatur segalanya so jangan malu minta pada-Nya dengan cara zikr.

    Mudya-PSU(mudya07@gmail.com)

  24. Berbicara masalah seks masih menjadi tabu bagi kebanyakan orang sekaligus menarik untuk diperbincangkan, terlebih lagi mengenai kebenaran informasi tersebut. Beberapa mungkin tepat, namun tidak jarang yang kebenarannya masih dipertanyakan. Seringkali yang terjadi, kebanyakan dari kita terjebak dalam mitos-mitos seks, seperti Anda tidak akan hamil saat pertama kali berhubungan badan, Berhubungan badan saat sedang menstruasi tidak akan membuat anda hamil, Posisi Seks Berdiri tidak akan hamil, Selaput dara robek menandakan tidak perawan, Ukuran Mr. P menentukan kepuasan berhubungan badan.
    Sumber: udoctor.co.id

Tinggalkan Balasan

