27 Komentar

Kafein dan Kokain

“Kafein itu seperti cewek cantik yang bodoh. Dia membuat kita semangat, tapi kemudian kita merasa dangkal dan kosong. Daripada minum delapan gelas Starbucks, sekalian saja mengisap kokain”. Adam Levine – vokalis Maroon 5 –, Rolling Stone Indonesia Oktober 2007

Saking dahsyatnya efek kafein dalam kopi, maka Adam Levine sampai mensejajarkan delapan gelas kopi dengan kokain! Seringkali kita menyeruput kopi dengan sedikit rasa bersalah, kopi dianggap sebagai minuman yang tidak sehat. Benarkah kopi berakibat buruk bagi kesehatan? Dari literatur yang pernah saya baca, kopi masih berefek positif asalkan kita mengkonsumsinya dengan takaran wajar dan tidak berlebihan. Satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100 mg kafein, dosis kafein sebanyak 300 mg dalam sehari belum berefek negatif, itu artinya 3 cangkir kopi dalam sehari masih dalam taraf aman.

Dosis kopi yang sangat besar, yakni setara dengan sepuluh cangkir kopi kental yang diminum berturut-turut akan menghasilkan efek beracun, seperti muntah, demam, kedinginan, dan kebingungan mental! Dan dosis kafein yang mematikan adalah seratus cangkir kopi atau 10 gram kafein. Masuk akal juga jika Adam Levine menganggap delapan gelas Starbucks setara dengan kokain.

Meski begitu, efek positifnya juga ada. Pada awal sejarahnya kopi digunakan cendikiawan Muslim sebagai obat. Meminum kopi menjadikan aliran pikiran berjalan lebih cepat dan jernih, serta tentu saja mengusir rasa lelah dan kantuk. Dengan kopi seseorang bisa meraih pencapaian intelektual yang lebih tinggi.

Mari kita minum kopi! Dalam dosis yang wajar tentunya.

PS: Saya mengetik posting ini sembari ditemani secangkir kopi Toraja bikinan Aroma Koffie Fabriek Bandung, oleh-oleh dari si alumnus ITB.

Ilustrasi: boston.com

27 comments on “Kafein dan Kokain

  1. Berarti .. Adam pernah ngisep kokain dong ?
    Saya juga suka minum kopi, tapi ga kecanduan sih. Kopi emang ‘energizer’ alami, menghirup aromanya aja sudah bisa bikin GRENGGG.
    Sekarang kan sudad ada kopi decaf, sama nikmatnya ga ya mas Dony ?

    ps : maroon5 itu band fav saya lho.

  2. Wah… kalo koko Jiewa doyan sama yang namanya kopi, aku lebih doyan sama yang namanya susu. Beh… minuman yang namanya susu itu enak, sehat, nikmat. Susu putih okeh, susu vanilla lebih okeh, susu coklat paling okeh, kalo susu yang laen gak tau hehehehehe… *maklum blom pernah nyoba*

  3. wah… saya belom pernah minum kopi yang macem2 nih. Paling ya kopi kapal api, ato coffe mix, paling pol kopi 3in1 made in Malaysia. hehehe…😉

  4. wadUhhh ancuRrr…aku akir2 ini gi coba2 berbagai rasa kopi(kental + pahit…..)
    coz di situ aku bs membedakan masing2 dr kopi………..)*maklumlah gi mendalami ttng kopi…halah ngomong opo iki…*

    tp untuk takaran alhamdulliah masih sedikit….aku cuma test rasa aja,,,,n itu jarang juga…

    bisa elus dada ini….
    YUp tULL semua sesuai takaraN….
    trus kapan ngopi bareng mas donY….
    *mode pEdE.com*

  5. Jarene wong2 terkenal: coffee drinker is a good lover …. hehehe

  6. whiskey coffee, impian lama yang terhalang bulan ramadhan. akankah bisa diwujudkan dalam waktu dekat ini?

  7. kokain..jauhi..hraamm..merusak tubuh…
    kopi..dekati..membuat diri jadi rileks..palagi diminum sambil nongkrong bareng temen2, ngbrol ngalor ngidul..bhakan didaerah (kalo ga salah) tulungagung budaya ngobi sudah wajib dikalangan para lelaki..mereka ngopi sambil nyete (buat ukiran dirokok dengan ampas kopi)..pokoke kopi juosss..

    aku gawekno yo don..takarane:
    1 sendok gula, dan 2 sendok kopi..pake cangkir kecil aja..mantebss

  8. saya penggemar cupi nih. Makasih postingannya bisa jadi bahan renungan…

  9. aku seneng teh ae lah

  10. pengen nyobain kopi yang konon dari luwak itu. sedahsyat apa siii?

  11. “Dengan kopi seseorang bisa meraih pencapaian intelektual yang lebih tinggi” Masa sih? lha saya sering banget ngopi, yang kadang juga bareng sampeyan, lha kok intelektualitas saya masih tetep aja jongkok kayak gini ya…hahaha!!!
    Tapi saya ya tetep aja nggak setuju ma mas Adam itu, saya lebih milih nyeruput kopi darpada nyeruput kokain (eh kokain diseruput bukan to?)

  12. Sing seneng kopi biasanya juga merokok. Nah, keduanya pas banget jika dilakukan pas ronda atau lek-lekan. Sayangnya saya gak suka keduanya, kalo susu okelah.

  13. Aku suka kopi sehari terkadang 5 gelas , bahaya gak ya, efeknya perutku suka mual tapi mau gimana lagi dah kaya candu.

    Apa untuk jangak panjangnya berdampak??

  14. @ Jiewa, Saya juga ngga tau dia pernah ngisep kokain ato nggak. Dia itu emang badboy, bahkan New York Post menjulukinya “man-whore”. Kalo mau tau lebih ttg band favorit koko Jie, silakan baca Rolling Stone edisi Oktober.
    Kopi decaf? Itu sih kayak bir tanpa alkohol, ampang dan nggak ngefek apa2.

    @ Acel, Susu yang lain itu maksudnya susu kambing khan? Saya juga belom pernah ngrasain tuh. Kopi dicampur susu kambing, enak kali ye…

    @ Thetwins, Wah kapan2 minta ditraktir sama koko Jie dong.

    @ Gelly, Sisan dadi barissta wae, dik. Wes nyoba kopi opo wae? Kopi asli Ponorogo enek ra? Mbok aku dikirimi.
    Lha iso mu kapan, dik? Aku sih terserah kowe.

    @ Moes Jum, Wah aku malah lagi krungu saiki, kutipan apik kuwi. Aku yo ‘good lover’ kethoke, ho hai!

    @ Koboi Urban, Aku udah pernah ngrasain tu kopi setan. Buset, yang trasa dominan malah whiskey-nya, rasa kopinya tenggelam. Klo masih penasaran, tak kancani wes, tapi aku pesen ‘black coffee’ saja seperti biasanya.

    @ Adekjaya, Suwe nang Jember, dosis kopimu kok dadi sangar ngono. Dolan nang Solo yo, mengko tak gawekke kopi spesial, mumpung stok kopiku isih akeh.
    Btw, aku bolak balik nyoba nyete, tapi gagal terus, ududku malah clorengan ra cetho.

    @ Ruasb, Hehe, nggak perlu lah direnungkan, dilakoni saja.

    @ Anang, Saya juga seneng teh. Teh-teh di Solo, ‘ginastel’ alias legi-panas-kentel

    @ kb, Aku yo penasaran, kang. Kopi njupuk soko eek luwak kok dadi larang ora umum, neng bali ono sing adol 1 cangkir 300ribu, sekilo bisa jutaan!

    @ Joell, Wes ‘menthok’ yak e. Mulane akeh bergaul karo aku, ben kowe iso nyerap ilmu soko aku. Ora rugi tho kekancan karo aku? hehe. Piye kapan ngopi maneh, tak tunggu.

    @ M Mufti, Saya suka kopi dan rokok, tapi nggak suka ronda.

    @ NN, Klo sampai mual ya dikurangin dong. Sekarang saja sudah mual kan? Brarti jelas nanti ada dampak yang ‘lebih’.

  15. gue ska banget ngopi. bukan karena lantaran kegiatan ngopi dianggap keren dan lagi in belakangan ini,, tapi memang ngopi tuh udah jadi bagian dari kehidupan gue.. gue bukan coffe freak yang nagih kalo sampe ga minum kopi, yang mual sampe ga kemasukan kopi di pagi hari “like my father”.. tapi buat gue kopi tuh kebutuhan batin, disaat gue lagi butuh tnang ngerjain tugas-tugas kuliah gue, atau cuman ngilangin stres gue yang suka muncul-muncul sendri.. nikmat banget,, minum secangkir kopi cappucino buat gue.. pelan.. gue bakal terus nikmatin tegukan gue pelan-pelan… gue ga bakal peduli dimana gue harus minum kopi… di sebuah coffeshop yang nyaman,. dengan merogoh 35 ribu untuk secangkir kopi “pas” buat gue…atau ngopi di pinggir jalan.. bebarengan dengan pengamen jalanan.. jajanan pasar.. atau cuman didalam kamar ditemani oleh setumpuk fotokopian catetan… semuanya nikmat…. nkmat…
    coffelovers”

  16. saya sih nggak suka ngopi, bisa pusying nih kepala kalau ngopi😀

  17. Aku lebih suka Starbuck dari pada coffee bean.
    Tapi memang sih dua brand kopi itu emang mahal, soalnya kan kita beli kenyamanan dan servicenya.
    Kalau mau murah ya beli di J.CO itu juga enak yang blended!
    Minum kopi biasanya pas jalan, kalau di rumah males.
    I’m not coffe addict but i’m positive tea addict

  18. hmm,,,akhirnya bisaa komenn jugaa..
    kopi..kopi..kopi..
    salah satu minuman favorit jugaa tu mass,,
    tapi prnah suatu saat jadi manusia terbodoh gara2 minum kopi..
    hanya karna minum 1 cangkir kcilll kopi..
    jadi gag bisaa tdurr 2 malam bturut-turut,,
    habis ntu,,,
    kapok dah minum kopi…

  19. membaca tulisan ini jadi kepingin membuat kopi dengan ramuan 123
    1kopi+2gula+3creamer …
    (-.-) siang-siang gini kayaknya mantebb nih buat itu..
    permisiiii, mohon diri mau ke pantry kantor dulu ahhhh….

  20. kalau saya suka susu kopi mas, jadi minum susu dengan ditambah sedikit kopi, bukan kopi banyak ditambah sedikit susu

  21. sama lah kita..doyan ngupi…
    aku suka dr kopi yg item legem seribuan diwarteg…sampe kopi2 mahal starbuck….😛

  22. blogmu rame tenan nod,, eksis lah..
    kopi, tingkat kepuasan meminum kopi akan selalu berubah, ndisik aku sma ngombe coffemix, awal kuliah ganti ABC, sampai akhirnya minum kopi kalo ga kopi aroma ato kopi berbahan dasar espresso aku moh,,,, iki tulisanku nek tak teruske iso dadi sak judul blog,, yo wes lah,, wassalam..

  23. kopi, kopi, dan kopi. seola suda mengalir deras dalam darahku, aroma dalam nafasku. Jujur wae kopi memang teman sejatiku, seperti temen temenku yang suka ngopi bareng sama kopi. Dalam sebuah buku berjudul “otak sejuta gigabyte” yang pernah saya baca, kopi punya efek positif jangka pendek yaitu mampu mempertajam ingatan kita, tapi kata bukunya itu, efek jangka panjangnya bisa bikin kita bermasalah, pingin tau masalahnya gak don ? yen pingin ayo ngopi bareng meeh. pesen sing priyayi ekstrim le…..

  24. bagi yang berdomilisi di Jogja dan sekitarnya

    ada lomba nyete lhooo lomba lukis rokok dengan ampas kopi

    di Warung Kopi blandongan

    Jl. Sorowajan Baru No. 11 (Gowok)

    Banguntapan bantul

    Yogyakarta

    Ikutaaaaaaaan yaaaaaaaaa………

    Hadiah e dijamin yahud (TOtal jutaan rupiah)

    pendaftaran 10rb dapet rokok 1 bungkus dan satu cangkir kopi….jelas ga rugi kaannn ?

    Info lanjut kunjungi aja nyeuslett3r.blogspot.com

    Ikutaaann yaaaaaaaaa

    -ema-

  25. maz, setauku di Aroma cuma dijual 2 jenis kopi, Arabika sama Robusta, karena konon menurut Pak Wijaya, yg punya pabrik, Indonesia cuma ada 2 jenis kopi ini. mo darimana pun daerahnya. yg bikin beda2 rasanya itu adalah letak geografis kebon kopi itu sendiri soalnya ketinggian dan cuaca itu ngaruh sama kadar asam dan entah-apa-lagi-namanya.

    oh, ada 1 lagi jenis kopi yg dijual disana. Moccha. campuran antara Arabika dan Robusta.

    jadi, kalo maz donny dapet Kopi Toraja yg diakui dari Aroma Kofie Fabriek… errr… mungkin Pak Wijaya waktu itu lupa nerangin ke saya kalo beliau bikin produk baru😀

    oh iya. saya juga suka Kopi Aroma. takarannya: 1 sendok makan penuh + 1 mug air panas mendidih. sehari minimal 4 gelas.

  26. @ Pito – Di dunia ini, kopi memang cuman dibagi dalam 2 jenis, arabica dan robusta. Yang membuat macam kopi menjadi lebih kaya adalah daerah asal dari kopi itu sendiri.
    Saya juga pernah nyoba itu mocha-nya Aroma, memang patut dipuji!
    Coba Anda korek lagi pak Wijaya, dia punya koleksi kopi dari seluruh nusantara.
    Foto dan cerita dari kunjungan saya di Aroma Bandung bisa dibaca di sini: Aroma Koffie Fabriek Bandung

  27. iya, tau. tapi yg ditaro dalam toples2 gede dan ditimbang kemudian dimasukin ke kantong2 250 gr atau 500 gr atau 1 kg adalah CUMA Arabika, Robusta, dan Moccha. nggak ada varian2 antara Arabika dan Robusta such as Kopi Aceh, Kopi Toraja, dll itu. iya, beliau punya koleksi kopi dari seluruh nusantara, tapi suplai kopi yg dia pake sendiri dari Tulungagung.

    keknya saya terkesan tukang ngeyel ya? tapi ya pie meneh? aku liat sendiri bubuk kopi di sendok dari 3 toples segede gambreng, dituang ke paper bag putih dengan tulisan KOFFIE FABRIEK AROMA BANDUNG jalan banceuy 51 (022) 4230473 (hunting) dan diplastikin lagi pake plastik bening. di atasnya cuma ada tulisan pakek stempel, sesuai dengan jenis kopi di dalemnyua, apakah itu ROBUSTA, ARABIKA, atau campuran keduanya yaitu MOCCHA.

    udah ah. pak wijaya aja ga tau. ni gwa bela2in ampe titik driji pengabisan gini. sowi maz don ((=

Tinggalkan Balasan

