9 Komentar

Tukar Uang Tuk Lebaran

Kebanyakan orang Indonesia menyebut tradisi bagi-bagi uang pada hari lebaran sebagai salam tempel, sedangkan orang Jawa menyebutnya duit fitrah. Yang tua memberikannya kepada muda, yang sudah bekerja memberikannya kepada yang masih sekolah. Yang memberi tersenyum senang, dan yang menerima tersenyum girang. Meskipun tak ada yang mewajibkan tapi tradisi terus berlanjut tiada henti, tak hilang dimangsa jaman.

Karena itulah, beberapa orang mulai melirik tradisi ini sebagai lahan mencari tambahan untuk berlebaran. Mereka menawarkan jasa penukaran uang kecil di pinggir jalan, untuk jasanya mereka tentu mengambil untung. Berbeda dengan menukarkan uang di warung, selembar uang sepuluh ribu rupiah bisa ditukar dengan sepuluh lembar seribuan, jumlahnya tetap sepuluh ribu rupiah, tiada lebih, tiada kurang.

Di beberapa tepi jalan kota Solo, antara lain di daerah Gladak , Jalan Sudirman, dan Manahan, anda bisa menemukan jasa penukaran uang dadakan ini. Tidak perlu menguji kesebaran dengan mengantri di BI, tapi untuk itu ada harga yang musti dibayar, silakan tawar menawar kalau mau.

Lebaran bisa disebut sebagai sebuah momentum dimana banyak orang berlomba tuk memberi, bukan hanya soal memberi uang, zakat, dan materi. Memberi maaf dan kasih sayang justru lebih bernilai dan berarti. Sebuah nilai keikhlasan yang semoga tak cuma ada setahun sekali, alangkah indahnya jika kita bisa mendapatinya setiap hari.

PS: Saya masih menerima salam tempel, kalau tidak bisa ketemu langsung, silakan kirim lewat wesel atau transfer.

9 comments on “Tukar Uang Tuk Lebaran

  1. Dapat lembaran fitrah meskipun kecil nilainya tapi kalau nerimanya banyak senang juga yah. Dan anak2 kecil bahkan ada yang bisa dapat seratus ribu dari beberapa lembar seribuan yang dikasihkan.

  2. don, fotomu nang nduwur jik ngopo ? kok lungguh nang ndalan..sakmen..wis kene ta sumbang duit sewu..

  3. kasihan banget foto yang atas.. itu asli apa rekayasa hehehe

  4. Don.. kalo tambah gede biasanyaakin dikit yg kasi salam tempel😀

  5. Wah bener2 fenomena yang gak saya temuin di kota saya, sumpah saya baru tau ada yang macem ginian di Solo aja…terbukti ramadhan memang membawa berkah buat siapapun kan..??

  6. mas saya juga menampung salam tempel … nomor rekeningnya saya kirim lewat email *ngarep.com*

  7. halah…koq ya ada2 aja. Tapi keliatannya bisa jadi ladang penghasilan yang lumayan tuh. Bisa dicoba… hahahahahahaha…😉

  8. […] Tahun kemarin, jasa penukaran uang di pinggir jalan seperti ini baru muncul sekitar dua minggu sebelum lebaran. Tapi tahun ini, sejak hari-hari pertama bulan puasa pun mereka sudah mulai bergerak. Bahkan jumlahnya semakin banyak, di beberapa titik seperti di daerah Gladak Solo, setiap selemparan batu mereka selalu ada. […]

  9. Gini Mas untuk taun Depan Usaha Ini Akan saya Gali Besar-ran Mulai sekarang saya menyimpan Tiap Bulan 5-10 Juta Uang Ribuan tapi untuk taun depan Saya juga kurang tau kemana saya jual uang saya Kemungkinan Taun Depan saya Punya Puluhan Juta ribuan mungkin anda tau >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Tinggalkan Balasan

