9 Komentar

Antara Donny Osmond dan Ritchie Blackmore

Buku ini sebenarnya sudah terbeli sejak 30 September tahun lalu, tapi kemarin Metro Tv memberitakan tentang kembalinya penyanyi legendaris tahun 70an, yaitu Donny Osmond. Dari berita itu saya juga baru tahu bahwa Donny Osmond adalah nama seorang penyanyi top jadul. Penyanyi itu baru saja melempar album baru berjudul Love Song of The 70’s, salah satu hit single-nya adalah I Can See Clearly Now yang sudah beberapa kali dinyanyikan oleh penyanyi lain. Entah kenapa penulisnya memakai nama penyanyi itu untuk menamai salah satu tokoh dalam cerpennya, mungkin dia adalah fans berat Donny Osmond. Ada dua alasan kenapa saya membeli buku ini, pertama karena pengarangnya, yakni Seno Gumira Ajidarma. Alasan kedua adalah karena nama dalam judul buku itu yang kebetulan mirip dengan nama saya.

“Kematian Donny Osmond” hanyalah salah satu judul saja dari 14 kumpulan cerita dalam buku ini. Gaya bahasa dalam buku ini cukup santai dan mengalir, sehingga dalam waktu 2 jam buku ini sudah habis terbaca. Donny Osmond yang ada dalam cerpen ini bukanlah seorang penyanyi, melainkan seorang siswa kelas 2 SMU 70 Jakarta yang tewas karena menjadi korban tawuran. Om Seno memberikan gambaran yang cukup detail pada cerita-cerita karangannya, pembaca seolah bisa mem-visual-kan secara nyata.

“Seragam itu kini bukan hanya mulai kotor, robek, dan penuh debu, melainkan juga terciprat darah. Sungguh tidak bisa dimengerti bagaimana para pelajar ini bisa menjadi ganas. Apa sebenarnya yang mereka dapatkan di dalam kelas?”

“Kematian Donny Osmond” bukanlah cerita favorit saya dalam buku ini, yang menjadi favorit saya adalah “Ritchie Blackmore”. Ceritanya sungguh mengesankan, humanis, dan rock n roll, nggak kalah rock n roll dengan lirik Smoke On The Water, Soldier of Fortune, atau Child In Time.

“Orang lain boleh memuja Slash, boleh tergila-gila pada Ed Van Halen, boleh mendewa-dewakan Yngwie Malmsteen, tapi bagiku hanya ada Ritchie Blackmore.”

Cerpen tersebut ber-setting tahun 2020, bercerita tentang seorang pengamen jalanan, mengembara dari kota ke kota, memetik dan menggenjreng gitar sampai tua. Tapi dia bukan pengamen sembarangan, karena dia hanya membawakan lagu-lagu Ritchie Blackmore, dan bisa menirukan suara para vokalis Deep Purple seperti Ian Gillian dan David Coverdale, dahsyat! Dan pada akhirnya tanpa disadari dia telah benar-benar bertemu dan ber-jam session bersama Ritchie Blackmore!

“Perhatikan nuansanya, dalam petikan gitar Ritchie terdapat raungan binatang yang terluka, jeritan kemarahan, nafsu balas dendam, keterasingan manusia, dan kegersangan peradaban. Tidakkah itu merupakan gejala kemanusiaan pada masa yang akan datang?”

PS: Pada tahun 1975 Deep Purple pernah manggung di Senayan, tapi Ritchie Blackmore tidak turut serta, pada waktu itu posisinya digantikan oleh Tommy Bolin. Saat konser di Indonesia itu Deep Purple membawakan lagu nasional Padamu Negeri.

JUDUL: Kematian Donny Osmond (Kumpulan Cerita) | PENULIS: Seno Gumira Ajidarma | PENERBIT: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001 | TEBAL: 184 halaman | HARGA: Rp 27.500

9 comments on “Antara Donny Osmond dan Ritchie Blackmore

  1. aku blom pernah denger lagunya..😦
    cari ah.. *donlod..*

  2. bang pinjemain donk..

    perpustakaan bharata 1,2,3,4,5,6,7,8

    bahkan perpustakaan ums

    tak punya

    yang ada gramedia, tapi gak boleh pinjem dan gak boleh dibawa pulang

  3. Ya mbok beli aja, khan murah tuh harganya, he
    Emgnya gramedia perpustakaan? Tape dehh…

  4. lha dumpils dumpils nya mana ?????

  5. kang, kalo jaman sekarang bukunya masih ada gag yha ? ?
    aku tertarik nih .
    aku juga blackmore’s fans .
    thx yoo . .
    monggo . .

  6. rock never die…ritchie blackmore

  7. kalau ada waktu klik di –> http://www.facebook.com/group.php?gid=35496232409&ref=search, informasi terkini Deep Purple & Members

  8. bagiku cuma 1 ya..RITCHIE BLACKMORE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: