Tinggalkan komentar

Yahoo! Berwajah Indonesia

Minggu lalu saya bikin email baru di yahoo.co.id, ada tampilan yang membuat saya pangling, jika memakai email di yahoo.com kita biasa disambut dengan gambar orang dari ras caucasoid dan negroid, maka tidak demikian jika anda menggunakan yahoo berbahasa Indonesia ini. Di halaman selamat datang, saya disambut oleh gambar wanita yang sangat familiar saya lihat sehari-hari, mungkin wanita itu benar orang Indonesia. Ya, wajah wanita itu sangat lokal sekali, dan bukan wajah-wajah dari daerah Asia Tenggara lainnya. Bahkan wajah itu lebih “Indonesia” dibanding mbak Nadine si Putri Indonesia yang kebule-bulean, tapi toh tampang bule nggak menjamin english conversation-nya bagus.

Dalam marketing, kemampuan untuk sebisa mungkin mendekatkan diri dengan konsumen adalah hal yang terpenting. Mendekatkan diri bisa dari segi kultur, norma, habit, bahasa, dan tingkah laku konsumen. Maka, sah-sah saja jika warung McDonald di Indonesia juga menyediakan nasi padahal di negara asalnya tidak ada.

Selain itu peran bahasa juga tak kalah penting, karena penggunaan bahasa yang sama antara komunikator dengan komunikan akan memudahkan proses komunikasi dan menghindari kesalahpahaman, yahoo.co.id misalnya telah menggunakan bahasa Indonesia sepenuhnya, tapi ada sebagian kecil yang belum, mungkin susah dicari padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Untuk orang yang kurang ngeh bahasa Inggris, layanan email dari yahoo ini sangat membantu. Meskipun bagi orang-orang tertentu yang sudah terbiasa menggunakan layanan email berbahasa Inggris butuh sedikit waktu lagi untuk membiasakan diri, inbox menjadi kotak masuk, compose menjadi tulis pesan, reply menjadi balas, password menjadi sandi, sign out menjadi keluar, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: