1 Komentar

Bus Khusus Bagi Atlet ASEAN Para Games 2011

Bus atlet ASEAN Para Games 2011

Selama pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) 2011, bus yang didesain khusus ini setia menghantarkan para atlet dari wisma atlet Donohudan menuju berbagai venue cabang olah raga, lalu menjemput mereka kembali.

Jumlah tempat duduk bagi penumpang sebanyak 25, terletak di bagian depan dan belakang. Sedangkan di bagian tengah bus terdapat area yang longgar khusus bagi pemakai kursi roda, lengkap dengan sabuk pengaman supaya kursi roda tidak bergerak saat bus berjalan.

Bus atlet ASEAN Para Games 2011

Bus yang dibuat oleh karoseri Laksana ini jumlahnya ada 10 unit. Tampilan luar bus ini memang berbeda dengan bus pada umumnya, jarak badan bus ke tanah cukup rendah, kurang lebih sekitar 30 cm. Pintu utama yang ada di sebelah tengah ukurannya cukup lebar, dan di bagian bawah terdapat lapisan plat bordes yang bisa ditarik keluar secara manual untuk akses masuk atlet berkursi roda. Di setiap bus sudah disiapkan beberapa volunteer yang siap membantu para atlet. Hal ini tentu saja sangat memudahkan para atlet berkebutuhan khusus.

Bus atlet ASEAN Para Games 2011

Memang jumlah bus khusus ini tidak mencukupi, sehingga atlet yang tidak memakai kursi roda bisa memakai bus lain yang telah disediakan panitia.

Transportasi publik mestinya juga didesain seperti ini, bukan hanya ramah bagi orang normal, namun juga bagi penyandang disabilitas, ibu hamil, dan manula.

About these ads

One comment on “Bus Khusus Bagi Atlet ASEAN Para Games 2011

  1. Desain jok penumpangnya mengingatkan saya pada jok Trans Jogja. Karoseri yang sama mungkin Kang :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: